Jenis-jenis Durian yang Terdapat di Indonesia


Pertanianku – Durian merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenisnya. Buah ini memiliki aroma sangat menyengat dan khas. Masyarakat Indonesia sebagian besar menyukai buah ini karena dianggap memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, karena kelezatannya membuat banyak orang ketagihan. Buah ini bisa dimakan langsung ataupun dibuat olahan. Berikut beberapa jenis durian yang terdapat di Indonesia.

Jenis-jenis Durian yang Terdapat di Indonesia

Durian bawor

Durian satu ini dianggap sebagai durian montongnya Banyumas. Buah durian bawor besar, dagingnya tebal, dan berwarna kuning ini sangat menggiurkan siapa saja yang melihatnya. Durian jenis ini memiliki rasa yang khas banget durian lokal, yaitu manis dan ada sensasi sedikit pahit.

Durian petruk

Dari namanya saja sudah menggabarkan bahwa durian ini adalah varietas unggul di yang terus diteliti untuk dikembangkan. Nama durian petruk diambil dari nama penemu durian jenis ini, yaitu Pak Petruk asal Jepara. Durian petruk digadang-gadang sebagai durian terlezat sedunia.

Durian merah

Durian merah merupakan varietas unggul asal Banyuwangi. Jika kebanyakan daging durian berwarna kuning atau putih, durian jenis ini dagingnya berwarna merah.

Durian matahari

Durian jenis ini dinamakan durian matahari karena warna dagingnya kuning cerah seperti matahari. Durian yang memiliki daging tebal dan berserat halus ini bisa Anda dapatkan di daerah Cimanggu, Bogor.

Durian tembaga

Durian tembaga memiliki karakteristik yang sangat menarik. Secara umum tidak jauh berbeda dengan durian jenis lainnya. Yang menarik dari durian tembaga adalah dagingnya tebal, berbiji kecil, dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Durian asal Riau ini sulit masuk ke pasar di Pulau Jawa karena kalah pamor dengan durian jenis lain terutama hasil impor. Namun, soal rasa dan harga sangat menggiurkan. Dengan berat buah sekitar 2 hingga 3,5 kg, durian tembaga bisa dijual antara Rp20.000—Rp100.000 per bijinya.

Baca Juga:  Solok Kembangkan Agrowisata Durian, Seperti Apa Ya?

Durian menoreh

Durian menoreh memiliki aroma menyengat hidung, berbanding terbalik dengan rasanya yang jauh dari kata manis. Durian ini rasanya pahit dan legit serta berwarna kuning cerah seperti mentega.

loading...
loading...