Jenis-jenis Hama Pohon Anggur

Pertanianku — Sama halnya dengan tanaman buah lain, pohon anggur juga rentan terserang hama. Beberapa hama pohon anggur kerap menyerang dan menimbulkan kerusakan serta kerugian. Berikut ini jenis-jenis hama pohon anggur yang kerap dijumpai.

hama pohon anggur
foto: pertanianku

Phylloxera Vitifolia

Hama ini menyerang tanaman yang masih muda ataupun yang sudah tua. Hama ini mampu membuang pohon anggur jadi kering dan mati. Bagian yang biasanya diserang adalah aduan dan akar tanaman secara langasung. Gejala umum daun yang terkena hama ini akan memiliki bisul-bisul kecil yang akan membengkak sepert kutil. Hama ini akan menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.

Loading...

Japanese Beetle (Popilia japonica)

Gejala yang ditimbulkan dari hama ini adalah daun skleletonized (hanya vea yang tersisa), bunga dan kuncup rusak. Kerusakan yang banyak dan luas pada tanaman. Serangga penyebabnya adalah kumbang hijau perunggu dengan jumbai rambut putih yang menyembul dari bawah sayap mencakup pada setiap sisi tubuh. Ukuran tubuh serangga dewasa sekitar 12 mm, larva berwarna krem keputihan, serta belatung dapat berkembang dengan baik di tanah.

Grape Mealybug (Pseudococcus maritimus)

Hama ini menyebabkan penyakit berupa jamur jelaga yang tumbuh pada buah. Penyebabnya adalah sekresi manis oleh serangga yang jatuh ke buah dan mendorong pertumbuhan jamur. Hama ini bisa dikendalikan dengan mengendalikan populasi semu untuk mendorong populasi kutu putih sebagai musuh alami, dan menerapkan insektisida yang tepat.

Black Vine Weevil (Otiorhynchus sulcatus)

Gejala pohon anggur yang terserang hama ini adalah adanya kerusakan pada bagian batang daun, tunas, dan bunga. Tanaman yang terkena hama ini akan kehilangan kekuatannya. Larva yang menyerang akan hidup di tanah dan memakan akar tanaman.

Baca Juga:  Tanaman Buah yang Mudah Ditanam di Dalam Pot (Tabulampot)

Grape Flea Beetle

Hama ini akan memakan tunas muda yang berakibat terbentuknya bakal buah sehingga hasil panen anggur dapat berkurang. Kehadiran larva ini juga akan memakan daun anggur dan menyebabkan pohon terlambat berbuah.

Grape Berry Moth

Hama ini akan berkembang biak di dalam buah. Larva yang tumbuh di dalam buah akan memakan daging buah dari dalam sehingga menyebabkan banyak buah yang akan menjadi rusak dan membusuk.

Multicolored Asian Lady Beetle

Hama ini akan menyerang buah dan memakan bagian dalam buah.

 

Loading...
Loading...