Jenis-jenis Hasil Olahan Produk Pertanian

Pertanianku — Indonesia adalah negara agraris yang mampu menghasilkan produk pertanian lebih banyak dibanding negara lain karena kondisi tanah dan iklim yang mendukung. Produk hasil pertanian dapat diolah sedemikian rupa sehingga memudahkan Anda dalam memasarkannya. Nah, simak jenis-jenis hasil olahan produk pertanian berikut ini.

jenis-jenis hasil olahan produk pertanian
Foto: Pixabay

Pengolahan menjadi keripik buah

  1. Keripik buah salak

Pernah merasakan kripik buah salak? Rasanya manis, enak dan gurih. Buah salak ini sedikit unik karena tumbuh bagus hanya di tempat tertentu, idealnya di tempat dingin atau kaki gunung. Salak juga enak untuk dikonsumsi langsung tanpa pengolahan. Harga keripik buah salak mudah meningkat. Oleh karena itu, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang khas.

Loading...
  1. Keripik buah nanas

Rasa buah nanas yang kecut dapat membuat orang merasa ngilu. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan cara menjadikannya keripik. Keripik yang dibuat dari buah nanas juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu, dengan diolah menjadi keripik, dapat membuatnya lebih tahan lama.

  1. Keripik buah apel

Masalah umum para petani apel pada saat panen adalah melimpahnya produk apel sehingga membuat harga buah ini turun drastis. Untuk mempertahankan harga apel, dibutuhkan inovasi dan membuat variasi produk yang berbahan dasar apel. Beberapa yang sudah berjalan antara lain selai apel, sirup apel, dan keripik buah apel. Keripik buah apel adalah salah satu alternatif pemecahan masalah untuk buah apel itu sendiri.

  1. Keripik buah pepaya

Warnanya yang orange menjadikan pepaya sangat menarik dan rasanya yang manis membuat keripik buah pepaya jadi salah satu yang digemari para pencinta keripik buah. Untuk membuat keripik buah pepaya ini, memerlukan pepaya yang tidak terlalu matang agar hasilnya bisa sempurna, dan renyah hasilnya.

Baca Juga:  6 Antibiotik Alami Berkhasiat Tinggi

Pengolahan menjadi tepung

  1. Tepung terigu

Pembuatan tepung terigu tidaklah mudah. Meski begitu, usaha tepung terigu dapat mendatangkan banyak keuntungan. Pasalnya, masyarakat banyak yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai makanan.

  1. Tepung tapioka

Tepung tapioka atau tepung kanji memang seperti tidak asing di telinga. Banyak manfaat serta kegunaan tepung ini, mulai dari keperluan masak-memasak untuk menu harian keluarga sampai untuk keperluan industri makanan. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang banyak petani bertanam singkong untuk dijadikan tepung yang dikirim ke pabrik pembuatan tepung.

Loading...
Loading...