Jenis-jenis Ikan Arwana yang Perlu Anda Ketahui


Pertanianku Ikan arwana atau Scleopages sp. sering dianggap sebagai ikan keberuntungan dan dipercaya dapat menjaga rumah dari arwah pengganggu. Arwana mempunyai bentuk tubuh yang unik dan indah, tubuhnya memanjang dan ramping menyerupai pisau.

Ikan arwana
Foto: Dok. Pertanianku

Selain itu, arwana juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Sungut tersebut berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa.

Ada beberapa jenis ikan hias arwana yang banyak diburu oleh pencintanya. Berikut ini jenis-jenis ikan arwana yang perlu Anda ketahui.

  1. Arwana super red

Arwana jenis ini berasal dari Indonesia, tepatnya Pulau Kalimantan bagian barat di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Arwana jenis ini terbagi lagi menjadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu merah darah (blood red), merah cabai (chili red), dan merah oranye (orange red). Warna merah pada badan akan mulai keluar saat ikan berumur kurang lebih 3—4 tahun.

  1. Arwana cross black golden (X black golden)

Arwana cross black golden berasal dari Malaysia. Ikan ini merupakan salah satu dari varietas arwana golden. Arwana ini disebut cross back karena pada saat dewasa ring pada sisik bisa sampai melewati punggung. Warna emas yang dimiliki arwana varietas ini cenderung lebih terang/mengilap. Golden cross back sedikit susah untuk didapatkan sehingga harganya pun lebih mahal dari varietas lainnya.

  1. Arwana red tail golden

Red tail golden adalah salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekanbaru, Sumatera. Arwana jenis ini sifatnya lebih agresif dari cross black golden. Arwana ini juga memiliki keragaman warna dasar seperti blue base, green base, dan gold base.

  1. Jardini arwana (arwana irian)
Baca Juga:  Cara Ampuh Cegah Predator dan Penyakit Lele Sangkuriang

Warna yang dimiliki varietas arwana ini cukup unik. Warna dasarnya adalah hitam kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik kuning keemasan pada bagian tengah sisik-sisiknya. Bahkan, di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip dan ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning. Jardini berasal dari Australia, meski sering ditemukan di Pulau Irian.

  1. Silver arwana (brazil)

Arwana brazil atau arwana silver memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50—60 cm.

  1. African arwana (arwana afrika)

Seperti namanya, jenis arwana ini hanya ditemukan di Afrika. Bentuk tubuhnya hampir menyerupai silver arwana, namun bentuk kepala kecil.