Jenis-jenis Ikan Gurami

Pertanianku — Gurami merupakan ikan air tawar dengan daya tumbuh yang paling lama dibandingkan ikan air tawar lainnya. Tak heran, dalam produksi ikan gurami terdapat banyak segmentasi usaha, tidak hanya sebatas pembenihan dan pembesaran. Hal tersebut dikarenakan untuk mempercepat perputaran modal pembudidaya ikan gurami. Ada beberapa jenis ikan gurami yang sering dijumpai, simak ulasan berikut.

jenis ikan gurami
foto: pertanianku

Gurami soang

Jenis gurami ini merupakan ras gurami asli asal Indonesia. Gurami soang banyak ditemukan di Jawa Barat, khususnya di daerah Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, dan sekitarnya. Gurami soang memilik pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ikan gurami lainnya. Dalam setahun gurami soang bisa tumbuh hingga mencapai berat 700 gram per ekor. Hal ini dikarenakan ikan sangat aktif menerima seluruh pakan yang diberikan.

Loading...

Gurami jepun

Ikan guram jepun sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Gurami jepun memiliki ukuran yang lebih pendek daripada gurami soang, yakni sekitar 45 cm dengan berat tubuh mencapai 3—4 kg. Saat sudah dewasa gurami ini akan berwarna hitam dengan sisik yang lebih kecil.

Gurami kapas

Ikan gurami ini berwarna putih keperakan seperti kapas dengan sisik yang agak besar dan kasar. Gurami ini bisa tumbuh hingga sebesar 1,5 kg. Pertumbuhannya akan berlangsung selama 1 tahun 1 bulan untuk mencapai bobot 1 kg per ekor. Gurami jenis ini sering dijumpai di daerah Magelang, Jawa Tengah.

Gurami bastar

Gurami bastar memiliki warna tubuh agak kehitaman dengan kepala putih polos. Pertumbuhan gurami bastar terbilang cepat, tetapi telur yang dihasilkan tidak banyak, hanya sekitar 2.000—3.000 butir untuk satu periode pemijahan. Gurami ini banyak ditemukan di Jawa Barat.

Gurami paris

Gurami paris memiliki warna dasar kemerahan, kepalanya berwarna putih, dan berbintik hitam di seluruh tubuhnya. Gurami ini bisa tumbuh hingga seberat 1,5 kg per ekor dengan telur yang dihasilkan untuk satu periode sebanyak 5.000—6.000 butir per induk.

Baca Juga:  Ikan Dingkis, Ikan Pembawa Keberuntungan

Gurami blue sapphire

Jenis ikan gurami ini berwarna merah muda cerah dengan berat maksimum per ekor sebesar 2 kg. Induk betina bisa bertelur hingga 3.000 butir per kg induk.

Gurami batu

Gurami ini berwarna sesuai dengan namanya, yakni hitam merata di seluruh tubuhnya dengan sisik yang kasar. Gurami ini kurang suka dibudidayakan karena kurang produktif.

Gurami porselen

Gurami porselen memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari badannya. Tubuhnya berwarna merah muda dengan bagian bawah tubuh berwarna keputihan.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...