Jenis-jenis Ikan yang Bisa Dibudidayakan Bersama Sayur

Pertanianku — Saat ini tren budidaya ikan bersama sayur sedang tinggi, hal ini disebabkan gerakan ketahanan pangan yang sedang digencarkan oleh pemerintah di tengah kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan memelihara ikan dan sayur bisa menjadi hiburan di tengah kondisi yang kurang baik seperti ini dan hasilnya pun bisa dikonsumsi oleh keluarga sebagai hidangan yang lezat dan jauh lebih sehat.

budidaya iakn bersama sayur
foto: pertanianku

Umumnya, masyarakat yang baru belajar budidaya ikan bersama sayur menggunakan ikan lele yang sangat mudah untuk dipelihara. Sebenarnya, ada beberapa jenis ikan lainnya yang bisa dipelihara, simak ulasan berikut ini.

Lele

Loading...

Ikan lele merupakan ikan omnivora yang memakan plankton, pakan alami, atau pelet. Ikan ini tidak membutuhkan banyak oksigen sehingga mudah dipelihara di dalam kolam tanpa mesin oksigen. Lama pemeliharaan ikan akan berlangsung sekitar 2—3 bulan. Kondisi kolam yang ideal bagi lele adalah kolam yang bersuhu 20—30°C dengan pH 6,5—8. Lele memiliki sifat kanibal sehingga Anda harus memerhatikan kondisi keseragaman ukuran ikan dan pakan.

Nila

Nila adalah ikan omnivora yang bisa memakan pakan alami, dedaunan, tanaman air, dan pelet. Lamanya waktu pemeliharaan berlangsung sekitar 3—4 bulan. Ikan nila mudah dipelihara karena memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat dibanding ikan air tawar lainnya. Ikan ini membutuhkan oksigen yang cukup banyak sehingga membutuhkan aerator.

Ikan mas

Ikan mas mengonsumsi hewan renik, tumbuhan, dan pelet. Waktu pemeliharaan yang dibutuhkan selama 3—4 bulan. Ikan mas merupakan ikan yang membutuhkan oksigen cukup banyak seperti nila.

Patin

Ikan patin merupakan ikan omnivora yang memakan plankton, pakan alami, dan pelet. Ikan ini bisa beradaptasi pada kondisi air yang kurang baik, bahkan laju pertumbuhannya bisa tetap bagus meskipun air yang digunakan kurang baik. Waktu pemeliharaan yang dibutuhkan untuk ikan patin adalah 3—4 bulan lamanya.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Terung dengan Secara Organik

Bawal

Ikan omnivora ini memakan dedaunan dan pelet. Daya adaptasi ikan bawal terbilang tinggi. Waktu pemeliharaan ikan bawal selama 3—4 bulan.

Ikan gurami

Ikan gurami membutuhkan waktu pemeliharaan yang cukup lama, sekitar 5—6 bulan lamanya. Ikan gurami membutuhkan suhu air yang optimal karena jika suhu rendah, gurami tidak bisa produktif.

Jenis-jenis ikan air tawar tersebut terbilang mudah dan cocok dipelihara di rumah bersama sayuran, Anda bisa membacanya lebih jauh dalam buku Akuaponik Pekarangan yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

 

 

Loading...
Loading...