Jenis-jenis Kacang Sayur yang Bisa Ditanam di Pekarangan

Pertanianku — Tidak semua jenis kacang-kacangan atau polong bisa dijadikan sayuran, hanya beberapa tanaman kacang sayur yang cocok untuk dimasak. Kacang sayur memiliki rasa yang enak dan terbukti mengandung gizi yang tinggi. Kacang terkenal sebagai sumber protein nabati dan serat yang bagus untuk tubuh manusia. Berikut ini jenis-jenis kacang sayur yang bisa Anda tanam sendiri, baik di pekarangan maupun di lahan.

kacang sayur
foto: pertanianku

Kacang panjang

Kacang panjang merupakan kacang sayur yang paling sering dibudidayakan karena permintaannya yang tinggi. Kacang panjang sering digunakan oleh masyarakat dalam berbagai macam menu sayuran tradisional. Kacang panjang bisa ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 10—600 mdpl dan beriklim basah.

Loading...

Kacang panjang yang ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan pertumbuhannya tidak sempurna, sedangkan di iklim kering tanaman akan tumbuh kerdil.

Kacang buncis

Selain kacang panjang, kacang buncis juga disukai oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, kacang buncis cukup mudah ditemukan dengan harga yang murah. Kacang buncis cukup mudah ditanam dan cepat menghasilkan (panen). Buncis bisa ditanam di dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian dari 200—1.200 mdpl. Buncis dapat tumbuh dengan baik pada suhu udara 18—25°C dengan tipe iklim basah. Buncis menyenangi tanah subur untuk tumbuh.

Kacang tunggak

Kacang tunggak sering digunakan sebagai campuran di berbagai resep sayuran tradisional. Kacang tunggk lebih mudah ditanam dibanding kacang buncis dan kacang panjang karena tidak membutuhkan ajir. Kacang tunggak bisa tumbuh di daerah kering sehingga cocok untuk ditanam di Indonesia bagian timur. Kacang ini bisa tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 50—500 mdpl dan menyukai area yang terbuka.

Kacang jogo

Sebenarnya, kacang jogo termasuk jenis buncis, tetapi batang kacang jogo lebih pendek dan tanamannya tidak tumbuh merambat. Kacang jogo dikenal dengan kacang merah atau kacang garut. Kacang ini bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.200 mdpl dan beriklim basah hingga kering. Kacang jogo bisa ditanam di daerah tandus dengan bantuan pupuk organik dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Jamur Tiram

Kacang kapri dan polong

Kacang kapri dan polong sering dijadikan campuran dalam menu sayuran tradisional. Kedua jenis kacang ini bisa tumbuh di ketinggian 200—1.200 mdpl dan beriklim basah. Kedua tanaman ini tidak tahan terhadap kekeringan dan tahan berada di bawah naungan.

Dalam buku Kacang Sayur terbitan Penebar Swadaya membahas secara lengkap cara merawat tanaman kacang sayur yang bisa Anda tanam di pekarangan ataupun di lahan untuk dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi bisnis Anda!

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...