Jenis-jenis Kandang Sapi Limousin

Pertanianku — Kandang sangat penting bagi hewan ternak karena merupakan tempat tinggal baginya sehingga kandang harus aman dan nyaman. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, kandang sapi limousin terbagi menjadi dua, yaitu kandang individu dan kandang kelompok. Sementara itu, berdasarkan tujuan dan pola pemeliharaan, jenis kandang terbagi menjadi kandang pembibitan, pembesaran, dan penggemukan. 

kandang sapi limousin
foto: pertanianku

Kandang pembibitan 

Kandang ini digunakan untuk memelihara induk/calon induk dengan tujuan menghasilkan anak. Pedet/anak sapi yang baru lahir juga dipelihara di dalam kandang pembibitan hingga disapih (umur 4–7 bulan). 

Bentuk kandang yang digunakan harus disesuaikan dengan program perkawinan. Kandang pembibitan individual digunakan untuk sistem kawin suntik (inseminasi buatan) atau dibawa ke pejantan sesuai dengan keinginan. Induk yang telah bunting (7–8 bulan) pada kandang individu dipindahkan ke kandang beranak/laktasi sampai pedet disapih pada umur 4–7 bulan.

Sementara itu, kandang kelompok digunakan untuk sistem perkawinan dengan jantan yang dimasukkan ke kandang tersebut. 

Kandang beranak

Kandang beranak atau kandang menyusui adalah kandang untuk pemeliharaan khusus induk atau calon induk yang sudah bunting tua hingga menyapih pedetnya. Kandang ini berfungsi melindungi keselamatan dan keberlangsungan hidup pedet. Kandang beranak termasuk kandang individu. 

Kandang pembesaran

Kandang pembesaran digunakan untuk memelihara pedet lepas sapih sampai berumur dewasa  (umur 18–24 bulan). Konstruksi kandang pembesaran untuk pedet lepas sapih harus menjamin ternak tidak bisa keluar pagar. Selain itu, konstruksi kandang juga harus dibuat agar sapi bisa menjangkau pakan yang berada di dalam palungan. Ukuran kandang untuk pembesaran per ekor berkisar 2,5–3 meter. 

Kandang pembesaran tipe kelompok harus memperhatikan kepadatan kandang yang berkaitan dengan kecukupan sarana dan kondisi ternak yang dipelihara. 

Kandang penggemukan

Baca Juga:  Tips Pemberian Pakan Ayam Elba Antiboros

Kandang penggemukan digunakan untuk memelihara sapi jantan dewasa selama beberapa bulan hingga mencapai bobot tertentu. Lama pemeliharaan penggemukan berkisar 4–12 bulan, bergantung pada kondisi ternak. Tipe kandang yang digunakan sebaiknya kandang individu untuk menghindari perkelahian. 

Kandang pejantan

Kandang pejantan adalah kandang yang digunakan untuk memelihara sapi jantan yang dikhususkan sebagai pemacek. Kandang pejantan merupakan kandang individu yang dilengkapi palungan dan saluran pembuangan kotoran. 

Kandang paksa

Kandang paksa adalah tempat melakukan kegiatan perkawinan inseminasi buatan, perawatan kesehatan, dan lain sebagainya. 

Kandang karantina

Kandang karantina merupakan kandang untuk mengisolasi ternak yang sedang terjangkit penyakit menular.