Jenis-jenis Kayu dan Penggunaannya

Pertanianku — Saat ini kayu menjadi salah satu industri yang menggiurkan. Pasalnya, kebutuhan kayu tidak pernah menurun, tetapi ketersediaannya semakin langka. Kebutuhan kayu hampir dijumpai di seluruh aspek kehidupan sehingga permintaan terhadap berbagai jenis-jenis kayu tidak pernah menurun. Padahal, pohon kayu baru bisa tumbuh dan dipanen setelah beberapa puluh tahun kemudian. Berikut ini jenis-jenis kayu yang menguntungkan lengkap dengan kegunaannya.

jenis-jenis kayu
foto: pertanianku

Jati

Siapa yang tidak tahu dengan pohon kayu berkualitas ini, hampir seluruh usaha mebel mengincar kayu jati yang terkenal super awet. Kayu jati biasanya digunakan untuk konstruksi dan ornamental (lantai dan panel), kayu lapis, konstruksi, material (seperti atap, kusen, dan tangga), mebel, otomotif, suvenir.

Sengon

Pohon dataran rendah yang mulai diminati oleh masyarakat ini biasanya digunakan sebagai aeromodeling, kayu lapis, korek api, papan, papan partikel, pelet bahan bakar (khusus sengon buto), penggergajian rakyat, pensil, mainan edukasi anak-anak, dan tusuk gigi.

Afrika

Kayu afrika biasanya digunakan untuk konstruksi, material (atap, kusen, dan tangga), packing, palet, peti, papan, dan penggergajian rakyat.

Suren

Kayu suren biasanya digunakan untuk konstruksi, ornamental (lantai dan panel), material (atap, kusen, dan tangga), mebel, dan kayu lapis.

Mahoni

Salah satu jenis kayu yang populer, mahoni biasanya digunakan untuk konstruksi, material (atap, kusen, dan tangga), edukasi alat peraga sekolah, otomotif, papan, penggergajian rakyat, dan suvenir kerajinan.

Binuang

Pohon dataran rendah ini sering digunakan sebagai konstruksi penutup beton, kayu lapis, konstruksi perahu, packing, palet, dan peti.

Saninten

Kayu dataran tinggi ini biasanya digunakan untuk konstruksi, material (atap, kusen, dan tangga), mebel, otomotif, dan papan.

Pinus

Pohon yang identik dengan dataran tinggi ini biasanya digunakan untuk pulp, kertas, pensil, konstruksi, mebel, dan material (atap, kusen, dan tangga).

Baca Juga:  Varietas Unggul Baru Cengkih Siantan Agribun Asal Anambas

Jabon

Komoditas kayu dataran rendah biasanya digunakan untuk konstruksi, material (atap, kusen, dan tangga), kayu lapis, edukasi mainan anak-anak, papan, dan penggergajian rakyat.

Akasia

Kayu akasia biasanya digunakan sebagai edukasi alat peraga sekolah, penggergajian rakyat, pulp, dan kertas.

Jelutung rawa

Pohon kayu yang biasanya hidup di rawa dimanfaatkan untuk edukasi mainan anak-anak dan pembuatan pensil.

 


loading...