Jenis-jenis Mangga Lokal Unggulan

Pertanianku — Anda bisa menemukan banyak jenis mangga lokal unggulan dijual di pasar. Mangga-mangga tersebut tentunya merupakan warisan tanah air yang harus terus dilestarikan agar anak cucu bisa merasakan kesegaran mangga tersebut. Berikut ini beberapa jenis mangga lokal yang nikmat untuk dikonsumsi.

jenis mangga lokal
foto: pixabay

Mangga arumanis

Siapa yang tidak tahu mangga arumanis, mangga yang memiliki daging buah  berwana oranye ketika masak ini akan terasa sangat manis. Mangga ini cukup sering diburu masyarakat ketika sudah musimnya karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain itu, buah yang sudah masak akan memiliki aroma yang sangat tajam. Buah yang sudah tua akan berkulit hijau tua tertutup lapisan lilin sehingga warnanya menjadi seperti hijau kelabu.

Loading...

Mangga manalagi

Mangga manalagi merupakan mangga lokal favorit selanjutnya dan ketika sudah masak akan memiliki rasa buah yang manis dan segar. Bahkan, buah yang masih muda terasa segar dan tidak asam. Mangga asal Situbondo ini memiliki aroma yang tidak begitu tajam. Buahnya berbentuk bulat lonjong tidak berparuh dan berlekuk. Warna kulitnya hijau ditutupi oleh lapisan lilin. Daging buah mangga manalagi cukup tebal, berwarna kuning tua, dan mengandung banyak air.

Mangga golek

Mangga golek berbentuk buah panjang, pada bagian ujungnya meruncing, dan tidak berparuh. Saat masih muda kulit buah berwarna hijau, sedangkan buah yang sudah tua berwarna kuning pada pangkal dan hijau pada bagian ujungnya. Daging buah mangga golek tebal, berwarna kuning tua, lunak, tidak berserat, dan tidak banyak mengeluarkan air jika diiris. Rasa buah yang sudah masak sangat manis dan beraroma tajam. Namun, buah yang masih muda rasanya asam.

Mangga apel

Buah mangga ini berbentuk menyerupai apel dengan warna semburat merah dan hijau seperti apel. Rasa buah ketika masih muda asam sekali dan banyak masyarakat yang menyukainya. Namun, ketika sudah matang, rasanya manis dan daging buahnya harum.

Baca Juga:  Jaga Kesehatan Kulit dengan Jus Sirsak Stroberi

Mangga gedong gincu

Mangga ini memiliki ciri berupa warna kulit dan buahnya yang berwarna kuning kemerahan dan tampak mencolok. Buahnya berbentuk bulat dengan kulit yang tipis. Daging buahnya cukup tebal, berwarna kuning kemerahan, dan berserat halus. Rasanya manis dan aromanya sangat khas.

Mangga kelapa

Buahnya berbentuk kelapa gading dengan berat sekitar 1 kg dan berwarna hijau. Daging buahnya cukup tebal dengan bijinya yang kecil. Rasa daging buahnya manis dan segar.

 

Loading...
Loading...