Jenis Jenis Mangga

Pertanianku – Jenis-jenis mangga lain yang bernilai komersial sebagai buah konsumsi antara lain mangga gedong, mangga cengkir/dermayu, mangga apel, mangga kopyor, dan mangga bapang. Mangga gedong banyak ditanam di Cirebon, Majalengka, dan Indramayu (Jawa Barat). Bentuknya agak bulat dengan pangkal buah agak datar dan sedikit berlekuk, serta pucuk buahnya tidak berparuh.

Penanaman Bibit Mangga

Tangkai buahnya kuat dan terletak di bagian tengah. Bobot buah 200—300 g per buah dan berukuran 8 cm x 7 cm x 6 cm. Pada buah yang masak, kulit di bagian pangkalnya berwarna merah jingga dan pada bagian pucuknya berwarna merah kekuningan. Permukaan kulit buah halus, berbintik putih kehijauan, dan berlilin. Daging  buahnya tebal, berserat halus, memiliki rasa manis, berair banyak, serta beraroma halus dan agak keras. Kulit buahnya yang tebal sehingga dapat disimpan beberapa hari dan dikenal tahan dalam proses pengangkutan.

Mangga apel adalah mangga asal Thailand yang mirip dengan mangga gedong. Mangga apel termasuk mangga genjah karena tanaman umur 2 tahun (hasil okulasi) sudah mulai berbuah. Buah yang masih muda berwarna hijau kebiruan dan berlapis lilin. Mangga apel dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu mangga apel hijau dan apel merah. Mangga apel hijau berkulit hijau kekuningan setelah tua, lapisan lilinnya menipis, berdaging oranye (jingga), bertekstur halus, memiliki rasa yang manis dan sedikit rasa asam, serta beraroma harum. Sementara itu, mangga apel merah berkulit kuning kemerahan, berdaging kemerahan, bertekstur halus, rasanya manis tanpa rasa asam, dan beraroma harum. Kulit mangga apel merah lebih tipis dibandingkan dengan mangga apel hijau sehingga tidak dapat disimpan lama.

Mangga cengkir banyak ditanam di Indramayu (Jawa Barat)

sehingga dikenal juga dengan sebutan mangga dermayu atau Indramayu. Bentuk buahnya bulat telur, berbobot 400—500 g per buah, dan berukuran 13 cm x 9 cm x 8 cm. Pada pangkal buah terdapat lekukan dan ujung buahnya sedikit berparuh. Kulit buah halus, berwarna hijau muda kekuningan, serta berbintik cokelat dan berlapis lilin tipis. Daging buahnya tebal, berwarna kuning, bertekstur lembut, memiliki rasa sedikit manis, tidak berserat kecuali pada daging buah yang dekat kulit biji, memiliki kandungan air sedikit, dan beraroma sedikit harum.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Buah Mangga Muda Bebercak Hitam

Mangga kopyor terdiri dari dua tipe, yaitu tipe besar dan kecil. Buah mangga kopyor bentuknya tidak bulat mulus (sedikit menggembung) dan daging buahnya berserat kasar, berair banyak, berserat halus, dan memiliki rasa yang manis. Mangga bapang adalah mangga yang warna daging buahnya hampir sama dengan warna kulit buahnya dan memiliki rasa yang manis disertai asam.

Saat ini sudah ada sejumlah tanaman mangga dari luar negeri yang ditanam di Indonesia dan populer di kalangan hobiis. Jenis mangga tersebut antara lain mangga chokanan dan namdokmai. Keduanya asal Thailand. Kedua jenis buah mangga tersebut memiliki aroma khas dan rasanya manis. Sekilas, buah mangga chokanan berbentuk lonjongasimetris dengan warna buah matang kuning. Sementara itu, buah namdokmai berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing.

 

Sumber: Buku Bertanam Mangga di Kebun dan Pot


loading...