Jenis-jenis Media Tanam Hidroponik Murah yang Wajib Dicoba

Pertanianku — Berkebun dengan sistem hidroponik menjadi solusi paling tepat untuk masyarakat perkotaan. Sama seperti berkebun di lahan, Anda juga memerlukan media tanam sebagai tempat tanaman bertumbuh. Nah, kira-kira apa saja media tanam hidroponik yang murah dan mudah didapatkan?

media tanam hidroponik yang murah
Foto: Google Image

Ada beberapa jenis media tanam hidroponik yang murah dan mudah Anda dapatkan seperti berikut.

  1. Pasir

Pasir menjadi salah satu media tanam yang cukup mudah ditemukan dan tentu harganya murah. Akan tetapi, sebelum digunakan sebagai media tanam, ada baiknya Anda membersihkan dulu pasir agar terhindar dari bibit penyakit. Selain itu, pasir sangat sedikit menahan air dan tidak akan menahan larutan nutrisi pula.

Loading...
  1. Sekam

Tahukah Anda? Sekam tak hanya baik digunakan untuk berkebun dengan sistem konvensional, tapi juga sangat direkomendasikan sebagai media tanam hidroponik karena memiliki kandungan baik di dalamnya.

  1. Batu apung

Sifat batu apung hampir mirip dengan perlite yang biasa dijual sebagai media tanam hidroponik. Sebab, batu apung merupakan pilihan yang baik untuk membantu aerasi atau sirkulasi udara pada akar.

  1. Styrofoam

Styrofoam bisa dengan mudah Anda temukan karena seringkali digunakan sebagai pembungkus alat elektronik. Bahan ini bisa Anda manfaatkan juga untuk media tanam hidroponik. Namun Anda juga harus hati-hati karena di dalamnya ada kandungan styrene yang dapat mengontaminasi tanaman dan kurang baik untuk kesehatan manusia bila zat tersebut terserap oleh tanaman.

  1. Batu kerikil

Batu kerikil bisa Anda gunakan sebagai media tanam hidroponik karena sangat baik dalam drainase karena bahan ini tidak menahan air.

  1. Pecahan genteng

Pecahan genteng atau batu bata yang berasal dari tanah pun dapat membantu sistem drainase dengan baik. Namun, sebaiknya bersihkan dulu pecahan tersebut sebelum digunakan karena kandungan pH-nya.

  1. Serutan kayu
Baca Juga:  3 Jenis Media Tanam Terbanyak Digunakan

Kayu merupakan bahan organik dan juga alami sehingga sangat baik digunakan sebagai media tanam hidroponik.Namun karena bahan organik, Anda perlu untuk mencucinya sebelum digunakan dan perlu mengganti media tanam tersebut bila kayu telah lapuk.

  1. Jerami

Jerami juga merupakan salah satu bahan organik seperti serutan kayu. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sebagai media tanam, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu dan diganti setiap kali terjadi pembusukan.

Loading...
Loading...