Jenis-jenis Mentimun yang Sering Dijumpai di Pasaran

Pertanianku — Mentimun termasuk jenis keluarga sayuran seperti labu dan semangka. Kandungan air dalam mentimun cukup besar, hingga 95 persen. Oleh karena itu, mentimun sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Secara umum, jenis mentimun terbagi menjadi dua, yaitu buah yang berbintil-bintil dan mentimun krai.

jenis mentimun
foto: pertanianku

Mentimun merupakan sumber vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Buahnya berasa segar, sedikit berair, dan memberikan efek dingin jika dikonsumsi dalam keadaan segar.

Buah mentimun sering diolah menjadi bahan masakan berupa acar dan asinan. Mentimun yang dibuat asinan biasanya adalah mentimun jepang. Sementara, mentimun krai biasanya dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Adapun timun suri biasanya diolah menjadi campuran untuk es buah. Khasiat buah mentimun yang paling terkenal adalah mampu menurunkan darah tinggi.

Loading...

Mentimun dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi hingga ketinggian 1.000 mdpl. Namun, biasanya mentimun lebih sering ditanam di dataran rendah. Mentimun dikembangbiakkan dengan biji yang dapat langsung ditanam tanpa perlu disemai terlebih dahulu seperti cabai dan tomat.

Berikut ini ulasan mengenai dua jenis mentimun yang biasanya dijumpai di pasaran.

Mentimun yang buahnya berbintil-bintil

  • Mentimun biasa atau timun. Mentimun ini berkulit tipis dan lunak. Buahnya berwarna hijau keputih-putihan saat masih hijau, dan berubah menjadi cokelat saat sudah tua. Jenis mentimun yang paling banyak ditanam di Indonesia.
  • Mentimun wartang, timun berkulit tebal dan agak keras. Buahnya berwarna hijau keputih-putihan saat masih muda, dan akan berubah menjadi kuning tua saat sudah tua.
  • Mentimun wuku. Timun berkulit tebal. Buah yang masih muda akan berwarna kuning kecokelatan, dan akan berubah menjadi cokelat tua saat sudah tua.
Baca Juga:  Kenali Penyaki Daun Tanaman Mentimun yang Bikin Gagal Panen

Mentimun krai

Mentimun krai memiliki penampilan buah yang halus, buahnya berwarna kekuning-kuningan dan bergaris putih. Mentimun krai besar memiliki rasa seperti mentimun biasa pada umumnya. Timun suri merupakan jenis mentimun krai yang besarnya hampir sepuluh kali lipat dari mentimun biasa. Bentuk mentimun suri lonjong dan rasa repui.

Loading...
Loading...