Jenis-Jenis Mutiara Laut yang Laku di Pasar Ekspor

Pertanianku — Saat ini produk mutiara yang berasal dari kerang atau tiram telah menjadi komoditas yang disukai banyak orang, baik mutiara yang berasal dari kerang air tawar maupun kerang laut. Hasil mutiara dari kerang laut kerap dikenal dengan sebutan mutiara laut. Itu sebabnya kerang mutiara menjadi salah satu komoditas laut yang sangat bernilai ekonomi.

mutiara laut
foto: Pixabay

Kerang mutiara memiliki sepasang cangkang yang menyatu pada bagian punggung dan engsel. Kedua belahan cangkang tidak memiliki bentuk yang sama, cangkang yang satu berbentuk lebih cembung dibanding cangkang yang satunya.

Produksi satu butir mutiara laut dari spot hatchery memerlukan waktu selama empat tahun. Itu sebabnya mutiara yang menawan memiliki nilai jual tinggi. Mutiara yang sudah dipanen dibersihkan atau digosok agar mengilap. Selanjutnya, pilah mutiara berdasarkan mutunya agar lebih memudahkan penjualan. Produk mutiara yang saat ini laku diperdagangkan di pasar internasional sebagai berikut.

Akoya pearl

Mutiara laut ini berasal dari kerang P. fucata. Ukurannya maksimal mencapai 10 mm. Akoya pearl merupakan mutiara berkualitas tinggi dan berwarna putih kehijauan dengan nuansa yang sangat indah. Mutiara ini banyak diproduksi di Jepang dan Cina.

South sea pearl

Mutiara laut yang Indah ini banyak diproduksi di Indonesia dan Australia. South sea pearl berasal dari kerang P. maxima dan termasuk mutiara kelompok putih berukuran besar, ukurannya bisa mencapai 18 mm. Warna mutiara ini cenderung bervariasi sebenarnya, mulai dari putih perak, kekuning-kuningan, merah muda, dan keemasan.

Black pearl

Mutiara black pearl berasal dari kerang P. margaritifera. Mutiara ini memiliki penampilan yang sangat menawan dan berwarna hitam pekat. Namun, ukuran mutiara ini lebih kecil bila dibandingkan dengan south sea pearl. Black pearl diproduksi oleh Tahiti, Hawai, dan Cook Island.

Baca Juga:  Go Digital Industri Ikan Hias agar Mampu Bersaing di Pasar Global