Jenis-jenis Pakan Bebek agar Rajin Bertelur

PertaniankuPakan bebek yang tidak sesuai dengan kebutuhan bebek petelur dapat menyebabkan tingkat produktivitas telur menurun dan biaya pakan membengkak. Padahal, salah satu titik keberhasilan ternak bebek petelur adalah produksi telur yang didapatkan. Oleh karena itu, jika ingin memperbaiki kinerja peternakan bebek petelur, Anda perlu memperbaiki jenis pakan bebek yang diberikan.

pakan bebek
foto: Pertanianku

Berikut ini jenis pakan bebek yang bagus untuk meningkatkan produktivitas bebek petelur agar rajin bertelur.

Pakan sumber energi

Sumber energi pada pakan bebek mampu dipenuhi dengan padi, jagung, sorgum, dedak, bekatul, dan onggok. Jagung merupakan pilihan sumber energi yang cukup baik untuk bebek karena mengandung BETN (Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen) yang hampir seluruhnya pati, mengandung lemak yang cukup tinggi, dan kaya provitamin A, thiamin, serta lisin.

Pada dasarnya semua sumber energi tersebut baik untuk bebek. Anda bisa menyesuaikan tanaman sumber energi dengan persediaan yang tersedia di daerah tempat Anda beternak agar harga bahan baku lebih murah karena mudah didapat.

Pakan sumber protein

Protein merupakan salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh bebek saat pembentukan telur. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan pakan yang kaya akan protein, baik protein hewani maupun protein nabati.

Bahan protein nabati yang bagus untuk bebek adalah bungkil kelapa, bungkil kedelai, dan bungkil kacang. Bungkil kedelai menjadi sumber protein nabati yang paling baik karena mengandung sumber asam amino esensial yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan telur.

Sementara itu, protein hewani dapat dipenuhi dari tepung ikan, tepung darah, dan tepung keong mas. Penggunaan tepung ikan hanya sebesar 5—12 persen dari total komposisi pakan bebek petelur untuk 100 ekor, sedangkan untuk tepung darah sekitar 2—5 persen dari total ransum.

Baca Juga:  Musuh Alami Magot yang Perlu Diwaspadai

Pakan konsentrat

Bebek juga perlu mendapatkan pakan konsentrat pabrik yang sudah memenuhi standar kualitas. Pakan konsentrat yang baik untuk diberikan pada bebek harus memiliki ukuran, warna, dan bentuk yang seragam, serta sesuai dengan kebutuhan ternak. Pakan tersebut juga harus diformulasikan secara tepat sehingga kandungan nutrisinya mampu memenuhi kebutuhan ternak.

Karena harga pakan konsentrat terbilang mahal, Anda bisa memberikan pakan campuran agar jumlah pakan konsentrat yang digunakan tidak terlalu banyak.