Jenis-jenis Pakan Kelinci yang Harus Diberikan

Pertanianku — Pakan kelinci sebaiknya mengandung nutrisi lengkap, mulai dari air, protein, lemak, serat kasar, kalsium, dan fosfor. Ada dua jenis pakan kelinci yang sebaiknya diberikan. Jumlah pakan yang diberikan dapat disesuaikan dengan cara pemeliharaan yang Anda gunakan. Berikut ini jenis pakan kelinci yang perlu diberikan untuk menunjang pertumbuhan kelinci.

jenis pakan kelinci
foto: Pertanianku

Pakan konsentrat

Konsentrat berguna menambah asupan nutrisi pada pakan dan mempermudah penyediaan pakan. Pada umumnya konsentrat dibuat dalam bentuk pelet dan mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Konsentrat dibuat melalui proses perebusan atau pencampuran dengan air panas. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas pakan kelinci dan mempercepat pertumbuhan kelinci.

Bahan pelet konsentrat yang paling umum digunakan ialah biji-bijian, hijauan, dan umbi-umbian yang sudah dikeringkan. Seluruh bahan yang sudah dikeringkan dicacah hingga ukurannya menjadi 2—3 cm.

Bahan biji-bijian yang digunakan dalam konsentrat berguna menguatkan kandungan nutrisi. Biasanya, biji-bijian yang digunakan adalah kedelai, kacang tanah, kacang hijau, padi, gandum, dan jagung. Jika biji-bijian tersebut sedang mahal, peternak kelinci bisa memanfaatkan bekatul, bungkil tahu, bungkil kelapa, atau bungkil kacang tanah.

Sementara itu, umbi-umbian yang diberikan antara lain singkong, ubi, dan talas. Umbi tersebut sebaiknya tidak diberikan dalam keadaan mentah karena dikhawatirkan mengandung racun. Umbi tersebut perlu direbus terlebih dahulu.

Hijauan

Pakan hijauan sudah menjadi kebutuhan pakan pokok yang diketahui oleh orang awam dan peternak kelinci tradisional. Hijauan yang biasanya diberikan adalah rumput lapangan, limbah sayuran, daun kacang tanah, serta daun dan batang jagung.

Sebaiknya, hindari hijauan kangkung dan kubis atau kol yang sangat mudah didapatkan karena kandungan airnya terlalu tinggi dan akan menyebabkan produksi urinenya menjadi berlebih dan berbau tajam. Selain itu, jangan gunakan ilalang atau rumput kalanjana karena serat daunnya tajam dan bisa melukai lambung anak kelinci.

Baca Juga:  Tips agar Penggemukan Sapi Semakin Optimal

Pakan hijauan yang baik untuk kelinci adalah rumput timothy. Rumput ini biasanya tumbuh di lapangan. Kandungan lemaknya terbilang rendah sehingga tidak akan menimbulkan permasalahan pada sistem pencernaan kelinci.