Jenis-jenis Pakan Kucing

Pertanianku — Pakan harus diberikan rutin setiap hari dengan jumlah yang cukup untuk menunjang pertumbuhan serta kesehatan tubuh kucing. Ada beberapa jenis pakan kucing yang bisa Anda berikan ke peliharaan. Anda bisa menyesuaikan pakan tersebut dengan selera kucing yang dipelihara dan kondisi Anda sendiri. Berikut ini beberapa jenis pakan kucing yang bisa Anda berikan.

pakan kucing
foto: pixabay

Pakan alami

Pakan alami atau home made biasanya terbuat dari campuran daging, sayuran dan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, atau jagung. Anda juga bisa memberikan sisa makanan manusia yang tidak dimakan untuk kucing. Kucing biasanya lebih menyenangi pakan alami dibanding cat food siap saji.

Loading...

Pakan alami jauh lebih sehat karena bebas dari zat perasa, pewarna, dan pengawet. Nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna oleh kucing. Namun, penggunaan pakan alami tidak praktis, harganya cenderung lebih mahal, dan nutrisinya tidak seimbang.

Pakan segar

Pakan segar sangat baik diberika, karena pakan tidak mengandung zat aditif, baik pengawet, pewarna, maupun penambah rasa. Namun, Anda membutuhkan beragam macam pakan segar untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisinya.

Pakan kaleng

Pakan kaleng dibuat berdasarkan kebutuhan dasar nutrisi kucing. Namun, pemberian pakan ini sebaiknya dikombinasikan dengan pakan segar. Pakan kaleng bisa diberikan sebagai pakan selingan atau sampingan setelah pemberian pakan segar.

Misalnya, pemberian pakan segar bisa dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu untuk variasi serta menambah nafsu makan.

Pakan buatan tersedia dalam dua bentuk, yakni pakan kering seperti biskuit kucing dan pakan kaleng. Pakan kering lebih disukai pemilik karena lebih praktis dan harganya jauh lebih murah. Pakan kaleng atau pakan basah biasanya memiliki campuran daging yang lebih banyak sehingga aromanya lebih disukai kucing.

Baca Juga:  Manfaat Kelabang untuk Pakan Arwana

Kombinasi pakan

Kombinasi pakan terdiri atas nasi atau kentang dan pasta. Untuk kucing yang tengah diet, bisa diberikan karbohidrat dalam jumlah yang lebih sedikit. Kucing juga gemar dengan pakan kombinasi antara pakan matang dan sayuran. Sayuran yang bisa diberikan adalah sayuran hijau, wortel, dan kacang polong yang sudah dimasak. Sayuran tersebut bisa menjadi sumber vitamin bagi kucing.

Loading...
Loading...