Jenis-jenis Pamelo Lokal Unggulan

Pertanianku — Ada beberapa jenis pamelo lokal unggul dan sangat berpotensi dikembangkan karena bernilai ekonomi cukup tinggi. Pamelo lokal unggulan tersebut memiliki kriteria seperti daging buah berwarna merah, rasanya manis, tidak ada rasa getir, dan produktif. Simak ulasan jenis pamelo lokal unggulan di bawah ini.

jenis pamelo lokal
foto: pixabay

Pamelo muria

Pamelo ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Keunggulan pamelo muria adalah genjah, sudah bisa berbunga ketika tanaman berumur 2 tahun, serta buahnya berdiameter 20 cm dan ukurannya sebesar kepalan tangan. Daging buah pamelo muria berwarna merah dengan cita rasa manis dan hampir tidak terasa getir sama sekali.

Pamelo muria merupakan salah satu jenis pamelo yang bisa menghasilkan buah sepanjang tahun. Bobot buah yang dihasilkan bisa mencapai 1,7 kg.

Pamelo bageng

Pamelo bageng berasal dari Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pamelo bageng merupakan salah satu jenis pamelo unggulan yang sering diperdagangkan.

Bobot buah pamelo bageng bisa mencapai 1,2—1,7 kg. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan. Buahnya berbentuk bulat dengan daging buah berwarna merah muda dan tanpa biji. Keunggulan yang dimiliki pamelo bageng adalah rasanya yang manis dan lembut. Tingkat kemanisan pamelo bageng sekitar 10 brix.

Pamelo bali merah

Sesuai dengan namanya, pamelo lokal ini berasal dari Bali. Buah yang sudah matang akan terasa manis dan asam dengan tekstur daging buah yang halus. Bentuk buah pamelo bali merah agak gepeng dengan kulit buah bagian luar berwarna kuning dan daging buah berwarna putih. Satu buah pamelo bali merah bobotnya bisa mencapai 1,39 kg. Produktivitas pohon pamelo bali merah terbilang cukup tinggi, mencapai 280 buah/pohon/tahun.

Pamelo nambangan

Baca Juga:  Awas Jangan Sampai Salah, Ini Lokasi yang Bisa Digunakan untuk Menanam Salak

Pamelo nambangan berasal dari Madiun, Jawa Timur. Rasa pamelo ini manis dan sedikit terasa asam. Bentuk buah pamelo nambangan adalah bulat agak pipih dan datar pada bagian ujungnya. Kulit buah pamelo nambangan berwarna kuning kehijauan dan dagingnya berwarna merah muda hingga merah dengan tekstur yang agak lunak. Dalam satu tahun, pohon pamelo nambangan bisa menghasilkan sebanyak 200—500 buah.

 


loading...