Jenis-jenis Pemangkasan pada Tanaman Budidaya


Pertanianku — Pada budidaya tanaman, terdapat jenis-jenis pemangkasan yang biasa dilakukan oleh petani. Pemangkasan sendiri ialah menghilangkan beberapa bagian tanaman yang bertujuan merangsang pertumbuhan tanaman agar jumlah percabangan banyak dan memperkokoh batang tanaman.

jenis-jenis pemangkasan
Foto: Dok. Pertanianku

Manfaat lain pemangkasan ialah membuka akses penyinaran cahaya matahari ke seluruh tubuh tanaman sehingga membantu proses fotosintesis yang optimal. Pemangkasan dapat juga merangsang proses pembungaan dan pembuahan dan akibat hasil fotosintesis lebih dominan untuk organ generative, yaitu bunga dan buah, tidak untuk pertumbuhan daun.

  1. Pemangkasan pucuk

Pemangkasan pucuk bertujuan mengurangi persaingan hasil fotosintesis di antara daun dengan buah. Prinsipnya adalah menghilangkan tunas apikal, yaitu tunas yang tumbuh di pucuk batang tanaman. Hormon akusin dan sitokinin pada tanaman memengaruhi pertumbuhan pucuk tanaman sehingga pertumbuhan tanaman bagian atas lebih cepat dibandingkan pertumbuhan percabangan dan membentuk kanopi tanaman.

  1. Pemangkasan bentuk

Pemangkasan ini dilakukan untuk membentuk kerangka tanaman yang diinginkan. Pemangkasan bentuk bertujuan membentuk kerangka pohon yang diinginkan, dimana percabangannya diatur dengan arah yang menyebar dan produktif sehingga pertumbuhan batang dan cabang lebih kuat.

  1. Pemangkasan pemeliharaan

Pemangkasan ini dilakukan sesudah pemangkasan bentuk, tanaman dipelihara dan dipertahankan bentuknya. Kemudian membuang percabangan yang terserang hama penyakit dan lain sebagainya sehingga percabangan produktif kembali. Cabang yang kurang produktif dipangkas agar unsur hara yang diberikan dapat tersalur kepada batang-batang yang lebih produktif.

  1. Pemangkasan peremajaan

Pemangkasan ini diperlukan untuk meremajakan pertumbuhan tanaman. Maksud dari meremajakan, yaitu mengganti tajuk tanaman lama atau tua dengan yang baru dan masih produktif. Pada tanaman kopi, pemangkasan peremajaan dilakukan menyeluruh apabila minimum 50 persen tanaman di kebun sudah rusak atau tua. Cara pemangkasan peremajaan ialah dengan menebang pohon, mengurangi percabangan, atau merobohkan pohon.

Baca Juga:  Cara Efektif Mengatasi Penyakit Hawar Daun Tanaman Padi