Jenis-jenis Pemangkasan Pohon Buah Berdasarkan Intensitasnya

Pertanianku — Setelah Anda mengetahui seberapa pentingnya pemangkasan pohon buah, Anda juga harus mengetahui beberapa jenis pemangkasan pohon buah yang terbagi menjadi 4 macam, yaitu tipping, cutting back, stubbing, dan thinning.  Simak ulasan berikut ini.

pemangkasan pohon buah
foto: pertanianku

Tipping/pinching

Pemangkasan tipping biasanya bisa dilakukan tanpa alat potong karena hanya memangkas bagian pucuk ranting. Anda bisa memetiknya dengan tangan hampa dengan memetik ujung ranting yang masih lunak. Meskipun terlihat sederhana, pemangkasan ini dapat menimbulkan efek yang cukup drastis, yakni muncul banyak ranting baru.

Akibat dari pemangkasan ini adalah tertundanya masa berbuah/berbunga. Namun, jika dilakukan pemangkasan dengan seleksi penyebaran yang tepat, dapat menaikkan pembungaan pohon buah sehingga bisa menghasilkan buah yang berkualitas.

Cutting back

Cutting back merupakan pemangkasan yang dilakukan dengan cara memangkas sebagian cabang. Pemangkasan ini membutuhkan alat potong karena batang cabang yang keras. Pemangkasan ini dilakukan pada daerah yang lunak di ujung ranting dan ada juga yang dilakukan di daerah cabang sekitar 50 persen dari awal cabang.

Tunas yang muncul akibat pemangkasan ini terbilang lebih sedikit dan umumnya tumbuh di buku-buku terdekat dengan luka pangkas. Namun, tunas yang tumbuh tersebut memiliki kualitas vigor yang baik.

Pemangkasan ini efektif untuk membentuk tajuk tanaman menjadi lebih teratur dengan memilih beberapa tunas yang tumbuh ke arah yang seimbang. Pemilihan ini sangat penting karena biasanya pohon cenderung memiliki cabang yang mengarah ke timur, melalui pemangkasan dapat menyeimbangkan bentuk tajuk ke arah barat.

Stubbing

Pemangkasan stubbing dilakukan di dekat pangkal cabang (tinggal 2—5 ruas) sehingga berbentuk puntung cerutu. Ruas yang tumbuh di sekitar pangkal cabang itu pendek-pendek dan banyak mengandung mata tunas. Jika bagian ujung dipangkas, tunas tersebut akan tumbuh pesat dan sangat vigor, seperti tunas air.

Baca Juga:  Bunga Pohon Buah Mangga Sudah Tumbuh Tapi Pembuahan Gagal? Ini Penyebabnya

Tunas-tunas tersebut biasanya memiliki sifat juvenile yang tinggi. Oleh karena itu, pemangkasan ini cocok digunakan untuk meremajakan pohon buah yang sudah tua dan sudah mengalami penurunan produktivitas.

Thinning

Sementara, thinning merupakan penjarangan cabang yang dilakukan dengan cara memotong tepat pada pangkalnya, sama sekali tidak meninggalkan tunas.


loading...