Jenis-jenis Pemangkasan Pohon Buah yang Biasa Dilakukan

Pertanianku — Pemangkasan menjadi bagian penting dari proses pemeliharaan pohon buah. Pemangkasan tidak selalu bertujuan merangsang pohon agar cepat atau rajin berbuah. Pemangkasan pohon buah juga sering dilakukan untuk menjaga bentuk pohon dan memudahkan proses pemeliharaan. Berikut ini beberapa jenis pemangkasan pohon buah yang sering dilakukan.

pemangkasan pohon buah
foto: Pertanianku

Pemangkasan bentuk

Pohon sudah bisa dilakukan pemangkasan bentuk setelah berumur satu tahun setelah ditanam. Pemangkasan dilakukan sekitar 0,75—1 m di cabang yang sudah mulai kecokelatan. Pemangkasan harus dilakukan langsung pada pangkal cabang, jangan hanya di bagian ujung cabang. Setelah pemangkasan, biasanya akan muncul beberapa tunas. Sisakan tunas-tunas baru sebanyak 2—3 buah.

Jika menyisakan hanya dua tunas, sisakan tunas yang menghadap ke arah utara dan selatan. Sementara itu, jika menyisakan 3 tunas, pilihlah tunas yang menghadap ke arah tenggara, timur laut, dan barat. Penentuan arah ini berkaitan dengan cahaya matahari, diharapkan tanaman bisa menerima sinar matahari secara optimal. Pemangkasan kedua sudah bisa dilakukan setelah satu tahun kemudian.

Pemangkasan pemeliharaan

Pemangkasan harus dilakukan pada cabang yang negatif. Cabang negatif merupakan cabang yang sudah tidak menghasilkan buah atau produktif. Biasanya, cabang-cabang yang harus dipotong pada pemangkasan pemeliharaan adalah cabang yang sakit, cabang yang saling bertumpuk, cabang tua, dan cabang yang sudah mati.

Pemangkasan pemeliharaan dapat membuat unsur hara mengalir ke bagian cabang yang produktif. Akibatnya, tanaman bisa cepat berbuah dengan lebat.

Pemangkasan produksi

Pemangkasan ini dilakukan untuk menjaga tingkat produktivitas pohon agar bisa menghasilkan buah dengan lebat. Pemangkasan ini biasanya dilakukan pada tanaman yang sudah dewasa atau tanaman yang sudah menghasilkan buah.

Bagian yang dipangkas bukan hanya tajuk atau percabangannya, melainkan juga pada sistem akarnya. Pemangkasan ini harus dilakukan dengan ilmu pengetahuan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemangkasan yang justru bisa menyebabkan pohon tidak bisa berproduksi.

Baca Juga:  Langkah Mudah Merawat Aglaonema agar Tetap Cantik dan Subur

Pemangkasan juga harus dilakukan pada buah yang tumbuh bergerombol. Biasanya, ada buah yang harus dikorbankan agar buah yang lain dapat tumbuh maksimal. Proses tersebut dinamakan penjarangan buah.


loading...