Jenis-jenis Penyangga Tumbuh Sesuai dengan Jenis Tanaman

Pertanianku — Membudidayakan tanaman di lahan, ada yang memerlukan perlakuan khusus seperti penyangga atau tempat untuk merambat. Sebaiknya, gunakan penyangga tanaman yang tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki nilai estetika tinggi. Berikut ini jenis penyangga tumbuh sesuai dengan jenis tanaman.

penyangga tumbuh tanaman
foto: pertanianku

Ajir

Penyangga ajir umumnya hanya berupa tongkat yang ditancapkan di dekat batang tanaman. Fungsinya agar batang tanaman yang baru saja ditanam dapat tumbuh tegak. Ajir sebenarnya hampir bisa digunakan untuk tanaman apa saja yang membutuhkan penyangga, seperti kacang polong, tanaman kacang-kacangan, dan tomat.

Loading...

Kawat melingkar

Penyangga yang menggunakan kawat melingkar membutuhkan potongan bilah bambu untuk membentuk kerangka penyangga. Kawat-kawat tipis disusun melingkar dari satu rangka ke rangka lainnya agar tanaman dapat tumbuh merambat mengikuti bentuk kawat. Penyangga kawat melingkar dapat digunakan untuk kacang polong, tomat, dan paprika.

Teepee

Teepee merupakan penyangga yang berbentuk kerucut dengan ujung yang lancip di atas. Teepee biasanya menggunakan 5 potongan bilah bambu untuk membentuk kerangka kerucut dan kawat tipis yang dililitkan di sekeliling kerangka untuk tempat tanaman merambat. Tanaman yang biasanya menggunakan teepee adalah kacang polong, tomat, dan paprika.

Ajir modifikasi

Jika ajir umumnya hanya berupa tongkat yang ditancapkan, ajir modifikasi memiliki bentuk yang berbeda-beda, biasanya terbuat dari susunan bambu. Meskipun memiliki bentuk berbeda dengan ajir biasanya, fungsi ajir modifikasi sama saja seperti ajir biasa. Tanaman yang bisa menggunakan ajir modifikasi pun sama saja dengan tanaman yang menggunakan ajir biasa.

Tripod

Jika Anda pernah melihat tripod yang biasanya digunakan untuk menyangga kamera, bentuk penyangga tripod sama dengan tripod kamera. Tripod terbuat dari susunan 3 potongan bambu yang dibentuk kerucut . Tanaman yang biasanya menggunakan tripod adalah kacang-kacangan, tomat, dan paprika.

Baca Juga:  Cara Menanam Bibit Mangga dengan Benar

A Frame

Bentuk penyangga “A frame” lebih rumit dibandingkan dengan penyangga sebelumnya. Penyangga “A frame” dibuat seperti gawang yang terbuat dari beberapa potongan kayu, lalu di tengah gawang diberikan beberapa potongan bilang bambu yang lebih tipis, disusun dengan jarak antara potongan. Tanaman yang bisa menggunakan “A frame” adalah kacang polong, tomat dan mentimun.

Tralis datar

Penyangga yang satu ini membentuk seperti tralis yang terbuat dari susunan kayu-kayu . Tanaman yang biasanya meggunakan penyangga ini ialah kacang polong, kacang-kacangan, mentimun, dan melon.

Punjung

Penyangga yang terbentuk seperti pagar rumah ini terbilang penyangga yang paling rumit, tetapi memiliki nilai estetika tertinggi. Penyangga ini biasanya digunakan untuk anggur dan melon.

 

Loading...
Loading...