Jenis-jenis Produk Olahan Susu Kambing

Pertanianku — Penggunaan susu kambing masih lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini dikarenakan banyak yang kurang menyukai aroma prengus yang muncul pada susu. Prengus merupakan bau kurang sedap dan sudah menjadi ciri khas dari susu kambing. Untuk menaikkan nilai ekonomi susu kambing, banyak pelaku usaha yang membuat produk olahan dari susu kambing.

olahan susu kambing
foto: pixabay

Nilai gizi susu kambing tidak kalah baik daripada susu sapi, bahkan susu kambing memliki kandungan lemak, dan protein yang lebih tinggi dari susu sapi. Kandungan laktosa susu kambing terbilang rendah. Namun, hal ini ada baiknya juga bagi mereka yang alergi laktosa. Ada berbagai jenis produk olahan susu kambing, seperti yoghurt, kefir, keju, dan konsentrat yoghurt.

Keju

Loading...

Ada banyak jenis keju yang terdapat di pasaran, semuanya berasa gurih dan lezat, cocok dijadikan bahan campuran makanan untuk menambahkan cita rasa. Keju adalah gumpalan kasein yang dapat dibuat dengan teknik sederhana. Kasein tersebut merupakan susu yang menggumpal dan membentuk keju atau curd.

Keju yang terbuat dari susu kambing memiliki beberapa kelebihan, seperti rendah lemak, rendah kalori, rendah laktosa, rendah sadium, kaya vitamin, dan kaya kalsium. Jenis keju yang bisa dibuat dari susu kambing adalah keju cheddar dan keju mozzarella.

Yoghurt

Yoghurt merupakan produk susu fermentasi yang sudah terkenal, bahkan penggunaannya sudah sangat umum. Banyak minuman yoghurt kemasan yang sangat mudah untuk dibeli. Keistimewaan yoghurt yang terbuat dari susu kambing adalah konsistensinya lebih kental, teksturnya halus, dan warnanya lebih putih. Aroma prengus pada susu juga menghilang serta manfaat susu bisa dirasakan oleh semua orang.

Kefir

Kefir merupakan produk yang dihasilkan dari susu kambing yang melalui proses fermentasi bersama biji kefir. Produk ini masih belum terlalu terkenal, padahal memiliki khasiat yang sama baiknya seperti yoghurt, yakni menjaga kondisi kesehatan tubuh. Bahkan, khasiat kefir untuk menjaga kesehatan tubuh jauh lebih tinggi dibandingkan yoghurt. Hal ini disebabkan adanya peran mikroorganisme baik yang berasal dari biji kefir.

Baca Juga:  Jurus Jitu agar Panen Telur Itik Setiap Hari
Loading...
Loading...