Jenis-jenis Rumput Laut yang Bernilai Ekonomi

    Pertanianku— Di perairan Indonesia terdapat 555 jenis plasma nutfah rumput laut, jumlah tersebut didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan dari 1899—1990. Di antara ratusan jenis rumput laut, ada 3 jenis  yang bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat. Hal tersebut dikarenakan jenis tersebut bisa diolah menjadi karaginan, agar-agar, dan alginat. Berikut ini jenis-jenis rumput laut yang bisa dijual.

    jenis rumput laut
    foto: pertanianku

    Rumput laut merah

    Rumput laut merah yang sering digunakan oleh industri adalah Eucheuma, Gracilaria, Gelidium, Hypnea, Sargasum, dan Turbinaria. Di antara kelima rumput laut tersebut Eucheuma yang paling sering dibudidayakan di pantai dan perairan laut Indonesia. Sementara itu, Glacilaria sering dibudidayakan di tambak.

    Loading...

    Eucheuma spinosum sering dimanfaatkan sebagai bahan baku industri untuk pasar ekspor dan domestik. Adapun Hypnea, Sargasum, dan Turbinaria masih sedikit yang membudidayakannya meskipun manfaat rumput laut tersebut sudah terkenal oleh masyarakat dan sering dijadikan bahan makanan oleh penduduk pesisir.

    Rumput laut cokelat

    Rumput laut cokelat yang paling dikenal adalah Sargasum sp. Hampir seluruh rumput laut cokelat belum dibudidayakan oleh masyarakat, padahal ada beberapa jenis yang memiliki kandungan senyawa kimia yang sangat berguna untuk kehidupan, salah satunya Sargasum.

    Rumput laut cokelat yang bisa Anda jumpai adalah Sargasum binderi, Sargasum cineureum, Sargasum microphylum, dan Turbinaria conoides.

    Sargasum microphylum merupakan rumput laut yang mengandung alginat dan yodium. Sementara itu, Turbinaria conoides mengandung alginat dan iodin. Kandungan tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Sayangnya, masih sedikit orang yang mau mengolah rumput laut ini sehingga lebih sering terlihat dibiarkan begitu saja.

    Rumput laut hijau

    Rumput laut hijau biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir sebagai bahan masakan. Pemanfaatan bahan kimia yang terkandung dalam rumput laut hijau masih cukup minim. Jenis-jenis rumput laut hijau yang bisa Anda jumpai adalah Caulerpa lentillifera dan Caulerpa recemosa.

    Jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai sayuran adalah Caulerpa lentilliefera. Rumput lain ini sering melekat pada substrat pasir atau batu.

    Loading...
    Loading...