Jenis-Jenis Sapi Potong Unggulan untuk Kurban

Pertanianku — Ada banyak jenis sapi potong yang dijual sebagai hewan kurban, sebagian di antaranya telah menjadi primadona karena terkenal dapat menghasilkan karkas yang lumayan besar. Sapi potong unggulan yang kerap mencuri perhatian adalah sapi limousin, jenis sapi ini memiliki harga jual yang tinggi dengan dagingnya yang berkualitas dan bobot badan besar. Selain limousin, masih ada beberapa jenis sapi kurban yang bagus untuk Anda pilih.

jenis sapi kurban
foto: Trubus

Arbedeen angus

Sapi potong ini tersebar luas di Jawa dan termasuk dalam kategori sapi besar. Sapi betinanya berukuran sebesar 550-740 kg/ekor dan jantan 800-1.000 kg/ekor. Lama penggemukan sapi arbedeen angus 3-4 bulan. Jenis sapi ini memiliki potensi kenaikan bobot 1,5-2 kg/hari dan jumlah karkas sebesar 50%.

Limousin bos taurus

Sapi lumousin bos taurus tersebar di Jawa dan Lampung dan termasuk dalam kategori sapi besar dengan bobot dewasa mencapai di atas 800 kg/ekor. Lama penggemukan limousin bos taurus adalah 3-4 bulan dengan potensi kenaikan bobot mencapai 1,5-2 kg/hari. Jumlah karkas Limousin bos taurus sebesar 50%.

Brahman cross

Sapi Brahman cross tersebar luas di Jawa dan lampung dan termasuk dalam kategori sapi besar. Bobot sapi brahman dewasa dapat mencapai 550-800 kg/ekor. Lama penggemukan sapi brahman cross mencapai 3-4 bulan dengan potensi kenaikan bobot 1,5-2 kg/hari. Jumlah karkas sapi brahman mencapai 48,6-54,2%.

Sapi bali hasil domestikasi banteng Bos Javanicus

Sapi bali tersebar luas di Bali, NTT, NTB, Lampung, dan Kalimantan dan termasuk ke dalam kelompok sapi kecil. Bobot sapi bali dewasa mencapai 300-400 kg/ekor. Lama penggemukan sapi bali adalah 3-5 bulan dengan potensi kenaikan bobot 0,66-1 kg/hari. Jumlah karkas sapi bali sebesar 56,9 persen. Keunggulan sapi kecil ini adalah dapat mengonsumsi hijauan dari dedaunan.

Baca Juga:  Segudang Gizi Susu Kambing yang Rendah Laktosa

Sapi peranakan ongole (PO)

Sapi PO merupakan hasil persilangan antara jantan sumba ongole dan betina lokal jawa. Jenis sapi potong ini tersebar luas di Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Kalimantan. Sapi Po termasuk kategori sapi sedang dengan bobot sapi dewasa mencapai 584-600 kg/ekor. lama penggemukan sapi PO adalah 3-5 bulan dengan potensi kenaikan bobot 0,8-1 kg/hari. Jumlah karkas sapi PO sebesar 45%.