Jenis-jenis Sayuran Berdasarkan Ketinggian Tempat Tumbuhnya

Pertanianku— Sebelum menanam sayuran, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi lokasi yang digunakan. Pasalnya, tidak semua jenis sayuran bisa cocok ditanam di lokasi yang Anda gunakan. Salah satu hal yang harus diperhatikan dari kondisi lokasi adalah ketinggian tempat.

jenis sayuran
foto: pertanianku

Ketinggian lokasi sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman sayur yang ditanam. Tidak semua tanaman sayur dataran tinggi bisa ditanam di dataran rendah, hasil yang didapatkan akan jauh dari kata maksimal, bahkan bisa tidak menghasilkan sama sekali.

Sebaiknya sebelum menanam, Anda memerhatikan kriteria ketinggian tempat dari tanaman tersebut agar mampu tumbuh dengan optimal. Berikut ini pembahasan lebih jelas mengenai jenis sayuran yang dibagi berdasarkan ketinggian tempat tumbuh tanaman.

Loading...

Sayuran dataran rendah

Lokasi yang termasuk dalam kategori dataran rendah adalah lokasi yang memiliki permukaan tanah yang berada di level 0—600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Beberapa jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh subur di dataran rendah adalah kangkung, bayam, terung, kacang panjang, dan kecipir.

Sayuran dataran tinggi

Lokasi yang termasuk kategori dataran tinggi adalah lokasi yang memiliki permukaan tanah berada di atas ketinggian 600 mdpl.  Sayuran yang bisa tumbuh subur di dataran tinggi adalah wortel, buncis, kapri, kentang, kubis atau kol, dan selada.

Sayuran yang bisa di dataran tinggi dan rendah

Ada beberapa macam sayuran yang bisa tumbuh di dataran rendah dan tinggi. Tanaman tersebut biasanya memiliki varietas yang bsa ditanam di dataran rendah dan varietas yang bisa ditanam di dataran tinggi. Misalnya, bayam, tomat, kol, kangkung, cabai, bawang bakung, pare, selada, sawi, terung, dan kol.

Seluruh komoditas tanaman sayuran tersebut memiliki varietas yang cocok ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah. Misalnya, ada varietas tanaman tomat yang bisa ditanam di dataran tinggi dan ada juga yang cocok ditanam di dataran rendah.

Baca Juga:  Pekarangan Pangan Lestari, Program Pemenuhan Kebutuhan Pangan dari Pekarangan
Loading...
Loading...