Jenis-jenis Sayuran yang Harus Disemai Terlebih Dahulu

Pertanianku — Ada beberapa jenis sayuran yang bisa langsung ditanam di lahan atau polibag, tetapi ada juga benih sayuran yang harus disemai terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda butuh persemaian untuk menyemai biji yang tidak bisa atau sulit tumbuh jika langsung ditanam pada lahan. Bibit tersebut akan melewati masa kritis di persemaian. Setelah bibit sudah cukup kuat beradaptasi dengan lingkungan, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan.

jenis sayuran
foto: Pertanianku

Setidaknya, ada 7 jenis sayuran yang perlu disemai terlebih dahulu sebelum ditanam. Berikut ini jenis sayuran yang harus mengalami persemaian.

Cabai

Cabai dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, bergantung pada varietasnya. Anda bisa mengetahui ketinggian tempat dari kemasan yang tertera. Cabai termasuk salah satu komoditas sayuran yang sangat populer karena selalu ada di dalam masakan Indonesia dan sering digunakan sebagai penyedap rasa.

Terung

Terung tumbuh di daerah tropis. Terung termasuk tanaman tahunan yang berumur 3—4 bulan.

Tomat

Tomat cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi, bergantung pada varietasnya. Tomat bisa ditanam di pot atau polibag karena termasuk tanaman yang rajin berbuah.

Caisin

Caisin merupakan sayuran berbatang panjang dan tegap, daunnya berwarna hijau dan lebar, pipih, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop. Caisin bisa ditanam di dataran tinggi hingga dataran rendah.

Selada

Tanaman selada dapat tumbuh subur di dataran tinggi. Ada tiga jenis selada yang bisa Anda jumpai, yaitu hijau, putih, atau merah. Tanaman ini sering dijadikan sebagai lalapan atau penghias hidangan.

Seledri

Seledri tumbuh baik di dataran rendah dan tinggi. Seledri sering digunakan sebagai hiasan pada hidangan makanan. Bentuk daun tanaman seledri hampir mirip dengan daun paku keriting kecil.

Baca Juga:  Kiat Budidaya Bawang Merah dengan Minim Risiko Serangan Hama

Bawang daun

Bawang daun tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi. Bawang daun dapat diperbanyak melalui biji atau tunas anakan. Tanaman bawang daun berpenampilan menarik sehingga Anda bisa meletakkan tanaman di teras rumah sebagai penghias yang multifungsi.