Jenis-jenis Sidat yang Populer di Indonesia

Pertanianku — Sidat banyak dijumpai di daerah-daerah yang berbatasan dengan laut dalam seperti pantai selatan Pulau Jawa, pantai barat Sumatera, pantai timur Kalimantan, pantai Sulawesi, pantai Kepulauan Maluku, dan Irian Barat. Tahukah Anda, di dunia ini hanya ada 19 jenis sidat dan 7 di antaranya berada di Indonesia.

jenis sidat
foto: Trubus

Beberapa jenis sidat tersebut adalah Anguilla marmorata, Anguilla celebensis, Anguilla acentralis, Anguilla borneensis, Anguilla bicolor bicolor, dan Anguilla bicolor pacifica. Di antara jenis-jenis sidat tersebut, hanya ada dua jenis sidat yang dibudidayakan di Indonesia. Kedua jenis sidat ini adalah Anguilla bicolor bicolor dan Anguilla marmorata. Berikut ini daerah penyebaran jenis sidat yang berada di Indonesia berdasarkan data yang dilansir dari buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat.

Anguilla bicolor bicolor

Sidat ini banyak dijumpai di Indonesia, terutama di perairan Pulau Jawa. Sidat A.bicolor bicolor berwarna hitam kekuningan bila hidup di alam. Warna tubuhnya akan berubah ketika berada di lingkungan budidaya, menjadi abu-abu. Sidat A.bicolor bicolor sangat mirip dengan A.japonica yang sangat diminati oleh masyarakat Jepang. A.bicolor bicolor juga bisa dijumpai di Srilangka.

Anguilla marmorata

Sidat A.marmorata berwarna hitam kuning kecokelatan dan memiliki corak seperti batik. Sumber benih A.marmorata berasal dari luar Pulau Jawa, seperti Sumatera dan Kalimantan. Jenis sidat ini disukai oleh konsumen Indonesia, Korea, dan Taiwan. Selain di Indonesia, A. marmorata juga bisa dijumpai di Afrika.

Anguilla celebensis

Jenis sidat Anguilla celebensis dapat dijumpai di daerah timur dan barat Pulau Jawa serta di ujung utara Pulau Sumatera. Selain di Indonesia, Anguilla celebensis juga dapat dijumpai di Filipina.

Anguilla acentralis, Anguilla borneensis, dan Anguila bicolor pacifica

Baca Juga:  Pakan Alami yang Cocok untuk Ikan Diskus

Ketiga jenis sidat ini hanya bisa dijumpai di Indonesia. Anguilla borneensis hanya bisa dijumpai di Pulau Kalimantan dan A. bicolor pacifica dapat ditemui di daerah Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi.

Masih banyak informasi menarik lainnya seputar sidat yang dibahas oleh buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat. Buku ini bisa menjadi sumber referensi memulai bisnis budidaya sidat. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Tokopedia dan Shopee Penebar Swadaya.