Jenis-jenis Sistem Filter Akuarium Arwana

Pertanianku — Filter berfungsi menyaring kotoran dalam air seperti ammonia, bahan padatan, residu organik, dan bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi ikan. Sistem filter akuarium arwana harus disesuaikan dengan kondisi akuarium. Berikut ini beberapa jenis filter akuarium arwana yang dapat Anda pilih.

filter akuarium arwana
Foto: Dok. Pertanianku

Sistem Sump Filter

Sump filter merupakan sistem filtrasi dengan menggunakan akuarium yang terpisah. Biasanya, akuarium filter akan diletakkan di bawah meja akuarium utama. Di bagian bawah akuarium utama dilubangi sebelum dipasangkan pipa untuk mengalirkan air. Nantinya, air bersih akan dikembalikan ke akuarium utama dengan mesin powerhead.

Sistem filtrasi ini dapat menyedot kotoran yang berada di bagian bawah. Sistem sump filter dianggap sebagai sistem filtrasi terbaik karena mudah dibersihkan.

Sistem filter eksternal (Canister)

Sistem filter eksternal terbilang cukup mahal. Sistem ini membutuhkan satu mesin pompa yang disebut canister. Pompa inilah yang menyebabkan sistem ini mahal karena harganya berkisar Rp1,5–Rp3 juta.

Keunggulan sistem filter dengan pompa canister adalah memudahkan proses pembersihan, pengurasan, dan mengganti media filter. Namun, sayangnya, sistem filter ini kurang maksimal bila digunakan pada akuarium yang berukuran 150 cm dan 200 cm.

Sistem filter samping

Filter samping sangat sering digunakan oleh hobiis karena sistem ini dinilai cukup baik. Sistem filter samping dapat menyedot kotoran yang berada di bagian bawah dengan cukup baik. Media penyaring pada sistem ini juga cukup mudah untuk diganti. Namun, sayangnya, sistem filter samping tidak bisa menyedot kotoran yang menempel di dinding kaca dengan baik karena ruang geraknya yang kecil.

Kelemahan lain dari sistem filter samping adalah kurang indah dipandang karena sistem filter terlihat jelas dari bagian depan akuarium.

Baca Juga:  Trik Mempersiapkan Kolam Tanah untuk Budidaya Gurami

Sistem filter atas

Sistem filter atas juga sering digunakan oleh hobiis arwana. Sesuai dengan namanya, sistem filter ini dipasang di atas akuarium. Filter atas dapat memudahkan proses membersihkan atau mengganti media kapas karena berada di atas akuarium.

Namun, sistem filter atas kerap meninggalkan kotoran yang menempel di bagian dasar. Bila Anda menggunakan sistem filter ini, sebaiknya pompa yang digunakan berukuran cukup besar.