Jenis-jenis Suplemen Ayam yang Biasa Ditambahkan ke Pakan

Pertanianku — Jenis-jenis suplemen ayam yang ditambahkan ke pakan biasanya akan mengikuti kebutuhan ayam itu sendiri. Beberapa di antaranya antibiotik, anti-oksidan, pengikat pelet, karotinoid, probiotik, koksidiostat, dan enzim.

suplemen ayam
foto: pertanianku

Pellet binder

Pellet binder atau pengikat pelet biasanya digunakan dalam formulasi pakan untuk menghasilkan pakan dalam bentuk pelet yang berkualitas, yaitu pelet yang tidak mudah pecah atau terurai. Dua pengikat pelet yang paling sering digunakan adalah lignosulfonaet dan colloidal clay. Pengikat pelet ini umumnya digunakan sebanyak 5—12 kg/ton pelet.

Loading...

Pengikat pelet sering digunakan pada pakan yang menggunakan bahan baku dasar jagung dan bungkil kedelai.

Enzim

Enzim biasa dijadikan suplemen ayam yang ditambahkan ke dalam formula pakan ayam untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pakan. Seperti enzim itase digunakan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku pakan yang mengandung pitat tinggi seperti dedak padi. Dengan demikian, pemanfaatan kandungan mineral fosfor dapat lebih maksimal.

Antibiotik

Antibiotik yang ditambahkan ke dalam pakan sebenarnya menjadi perdebatan yang kontroversial. Pasalnya, antibiotik yang dimasukkan ke tubuh ayam akan meninggalkan residu yang kurang baik jika daging ayam tersebut dikonsumsi. Akan tetapi, penggunaan antibiotik dengan kadar dosis yang tepat (dosis dan waktu pemakaian) sangat dianjurkan.

Ayam masih bisa diberikan pakan yang mengandung antibiotik dua minggu sebelum dipanen daging ataupun telurnya. Penggunaan dosis antibiotik yang sesuai dapat memacu pertumbuhan dan meningkatkan efisiensi pakan. Antibiotik yang biasanya dicampurkan ke pakan adalah Zn-bacitracin.

Probiotik

Probiotik dan yeast (ragi) digunakan untuk merangsang pertumbuhan bakteri yang bermanfaat atau menghambat tumbuhnya bakteri patogen. Probiotik yang dimasukkan ke saluran pencernaan berfungsi untuk mengurangi populasi bakteri E.coli yang terdapat di saluran pencernaan, memproduksi laktat yang mengubah pH usus, memproduksi senyawa mirip antibiotik, dan mengurangi pelepasan toksin.

Baca Juga:  Mentan Tinjau Proses Inseminasi Buatan Sapi Lokal dan Internasional di BET

Karotinoid

Karotinoid adalah pigmen biasa yang ditambahkan untuk memberikan warna kuning telur, lemak, dan kulit ayam agar menarik dan disukai konsumen.

Antijamur

Antijamur berfungsi menahan terbentuknya jamur pada bahan pakan yang disimpan agar tidak termakan oleh ayam.

Anti-oksidan

Anti-oksidan sering digunakan dalam pakan yang berfungsi untuk mencegah proses ketengikan lemak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...