Jenis-jenis Tanaman Hias Berdasarkan Bentuk Tanaman

Pertanianku — Di Indonesia ada banyak jenis tanaman hias yang dapat tumbuh subur dengan bunga yang mekar. Banyak pencinta tanaman hias yang senang menanam tanaman hias tersebut di pekarangan rumah untuk menghiasi pekarangan yang kosong. Ada beberapa jenis tanaman hias yang digolongkan berdasarkan bentuk tanamannya, simak ulasan berikut ini.

jenis tanaman hias
foto: pixabay

Tanaman ini merupakan tumbuhan berbatang kecil yang sedikit mengayu dengan percabangan yang rendah atau menempel pada tanah.

Perdu

Tanaman perdu merupakan tanaman berbatang lebih besar dan lebih keras dengan percabangan yang relatif lebih tinggi dibanding semak. Tanaman perdu memiliki batang yang tegak, misalnya seperti pohon kembang sepatu dan kacapiring.

Pohon

Tanaman yang disebut pohon adalah tanaman yang berbatang besar dengan percabangan yang biasanya terletak cukup jauh dari permukaan tanah. Contoh tanaman yang disebut pohon adalah glodogan, pohon bodi, dan tanjung.

Tanaman air

Tanaman air merupakan tanaman yang hidupnya di air. Ada banyak jenis tanaman hias yang berasal dari kelompok tanaman air. Misalnya, teratai, paku ekor kuda, dan tipa.

Palem

Tanaman palem merupakan tanaman yang masuk dalam kelompok famili Palmae. Tanaman ini sering ditanam sebagai penunjuk jalan, misalnya phunix, lontar, palem segitiga, kamedoria, kariota, dan ekor tupai.

Tanaman merambat

Tanaman ini tumbuh dengan batang yang memerlukan sandaran seperti sirih, bugenvil, dan lampion irian. Tanaman ini sering digunakan untuk menutupi bagian bangunan yang tidak ingin terlihat sehingga dapat menimbulkan kesan natural.

Paku-pakuan

Tanaman paku-pakuan merupakan kelompok tanaman yang seolah-olah tidak memiliki batang karena tubuhnya langsung menancap di tanah dengan kaki banyak. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias yang dipasang di tembok bangunan untuk menciptakan kesan alami. Tanaman yang termasuk dalam paku-pakuan adalah Polypodiaceae Pteridaceae, Aspleniaceae, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit Busuk Lunak Bunga Anggrek

Kaktus dan sukulen

Tanaman ini sedang digandrungi oleh orang-orang sebagai suvenir karena mudah untuk dibawa ke mana-mana dan bisa dibuat menjadi ukuran mini. Kaktus merupakan jenis tanaman lunak tidak berkayu, tanaman ini mampu menyimpan air sehingga mampu berada di kondisi yang kering.

Tanaman buah

Tidak hanya tanaman berbunga yang bisa dijadikan tanaman hias, tanaman yang menghasilkan buah juga bisa dijadikan tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah. Selain berfungsi untuk mempercantik pekarangan, buah tanaman yang dihasilkan bisa dikonsumsi.

 

 

 

 


loading...