Jenis-jenis Tanaman Hias Berdasarkan Fungsinya

Pertanianku — Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk menghiasi pekarangan rumah. Namun, jangan sampai salah pilih karena setiap tanaman hias pun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini jenis tanaman hias berdasarkan fungsinya.

jenis tanaman hias
foto: unsplash

Tanaman penutup tanah

Ada sebagian lahan di halaman rumah yang sengaja dibiarkan terbuka untuk mengurangi kesan penuh atau sumpek. Namun, jika terlalu kosong tanpa elemen apa pun, malah membuat lahan tersebut kurang enak dipandang bahkan terkesan tidak terurus atau kotor. Lahan tersebut bisa dilapisi dengan elemen berupa hard material atau soft material yang ramah lingkungan.

Soft material berfungsi memberikan kesan terbuka, tetapi tetap indah dipandang dan tanaman yang bisa digunakan adalah tanaman yang tingginya tidak lebih dari 50 cm seperti rumput, kacang-kacangan, dan adam hawa.

Tanaman pagar

Sesuai dengan namanya, tanaman pagar berfungsi sebagai pagar pembatas dan tanaman tepi. Tanaman ini tidak memiliki kriteria tinggi, tergantung dengan selera pemilik, apakah ia menginginkan pagar yang tinggi atau pagar yang rendah. Contoh tanaman yang bisa dijadikan tanaman pagar adalah teh-tehan, heliconia, dan aerva atau bayam-bayaman.

Tanaman pelindung

Tanaman pelindung yang berfungsi sebagai pelindung biasanya memiliki ketinggian pohon sedang atau sekitar 6—15 meter atau di atas 15 meter. Namun, pada lahan pekarangan yang tidak luas, tanaman pelindung setinggi 6 meter saja sudah cukup melindungi rumah dari cahaya matahari berlebih. Anda harus memerhatikan tajuk tanaman yang cukup lebar untuk melindungi rumah.

Tanaman merambat

Tanaman merambat sering digunakan untuk menambah kesan natural dan biasanya diberikan pada bagian tembok, pagar, atau gerbang. Tanaman merambat juga sering disandingkan dengan gazebo untuk dijadikan tempat beristirahat yang nyaman.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit Busuk Lunak Bunga Anggrek

Anda bisa menggunakan pohon sirih dan philodendron jika hanya menginginkan tanaman hijau tanpa bunga. Sementara, tanaman yang bisa menghasilkan bunga adalah bougenvil, alamanda, dan stepanot.

Tanaman tabir

Tanaman tabir berfungsi melindungi rumah dari cahaya berlebih, debu, dan polusi yang bisa masuk ke rumah. Tanaman tabir juga sering digunakan untuk menciptakan ruang privasi agar tidak mudah terlihat dari jalanan. Untuk mendapatkan kesan estetik yang indah, tanaman tabir ditanam secara berjajar dengan tingkat kerapatan yang tinggi. Tanaman yang bisa Anda gunakan adalah cemara dan bambu.

Tanaman pengarah jalan

Tanaman ini berfungsi sebagai pengarah jika ditanam pada pola tertentu. Tanaman yang biasa ditanam di pinggir jalan ini menciptakan suasana santai, nyaman, dan segar.

 

 


loading...