Jenis-jenis Tanaman Hias Pelindung

Pertanianku —membuat indah pekarangan. Alangkah baiknya fungsi tersebut dipergunakan dengan tepat agar kesinambungan antara fungsi dan nilai keindahan menyatu. Ada beberapa jenis tanaman hias yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya, salah satunya adalah tanaman pelindung.

tanaman pelindung
foto: pixabay

Tanaman ini berfungsi untuk melindungi area di sekitarnya. Tak heran, sebagian besar tanaman pelindung berukuran sedang dengan ketinggian 6—15 m atau lebih dari 15 m. Tanaman ini harus memiliki tajuk yang lebar karena fungsi tanaman ini adalah untuk melindungi area dari sinar matahari, debu, dan polusi.

Rata-rata tanaman pelindung memiliki tajuk yang lebar dan bisa melindungi objek yang berada di bawahnya. Lebar tajuk tanaman tersebut berkisar 10 m. Berikut ini beberapa tanaman hias pelindung yang bisa Anda pilih.

Loading...

Achras zapota

Tanaman ini dikenal dengan nama sawo manila dan neesbery. Tanaman ini berfungsi sebagai tanaman peneduh dengan bentuk tajuk yang indah nan rimbun. Tingginya bisa mencapai 15 m dengan getah hampir di seluruh bagian. Bunga tanaman muncul di bagian ketiak daun. Bunganya berwarna gading berbentuk tabung lebar dengan panjang 1 cm. Buahnya berwarna cokelat dan mudah terkelupas.

Callistemon citrinus

Tanaman ini dikenal dengan nama sikat botol yang sering digunakan sebagai tanaman display di tepi kolam atau sungai. Tanaman ini berfungsi sebagai tanaman pelindung yang bisa memberikan kesan lembut. Tanaman berbunga sepanjang tahun dengan bentuk bunga yang unik, seperti sikat botol berwarna merah. Daunnya berbentuk lonjong berwarna hijau terlihat menjurai dan sangat mudah bergoyang jika tertiup angin.

Manilkara kauki Dub.

Tanaman ini dikenal dengan nama sawo kecik yang berfungsi sebagai tanaman pelindung serta tanaman pengarah jalan. Karena bentuk tajuknya yang unik, tanaman ini sering dijadikan focal point. Warna permukaan bawah daunnya cokelat, sedangkan bagian atas berwarna hijau. Kayunya keras, halus, dan berwarna kemerahan.

Baca Juga:  Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan

Buahnya berbentuk lonjong memanjang dan berwarna cokelat. Bunga tunggal dengan mahkota berwarna putih kusam dapat mengeluarkan aroma yang harum.

 

Loading...
Loading...