Jenis-jenis Tanaman Hias Penutup Tanah

Pertanianku — Fungsi tanaman hias adalah untuk menambah nilai estetika taman menjadi lebih indah dan enak dipandang. Namun, fungsinya sebagai tanaman penghias pun terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Fungsi tersebut harus disesuaikan dengan bentuk pohon agar terlihat sesuai. Seperti tanaman hias penutup tanah, tidak semua tanaman jenis tanaman hias bisa digunakan untuk menutupi tanah lahan pekarangan.

tanaman hias penutup tanah
foto: pertanianku

Fungsi dari tanaman hias penutup tanah adalah untuk melunakkan permukaan tanah sehingga tanah menjadi lebih natural. Selain itu, tanaman ini sering digunakan sebagai bagian terendah dalam gradasi ketinggian tanaman, atau digunakan sebagai tanaman tepi dari suatu komposisi tanaman.

Tidak hanya bentuk yang harus disesuaikan, pemilihan warna dan corak tanaman juga harus disesuaikan. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias penutup tanah yang bisa Anda pilih untuk mempercantik taman.

Loading...

Aglaonema sp

Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama sri rezeki, sedangkan di Inggris bernama Shinese evergreen. Tanaman ini sangat tepat dijadikan tanaman penutup tanah jika ditanam secara berkoloni, meskipun lebih sering dijadikan display plant yang diletakkan di beranda rumah dan ditanam di dalam pot. Tanaman ini dapat menciptakan kesan formal, semiformal, dan menghidupkan suasana tropis natural dalam ruangan.

Arachis Pintoi

Di Indonesia tanaman ini terkenal dengan nama kacang-kacangan dan sering dijumpai di beberapa taman untuk menutupi tanah. Tanaman ini juga berfungsi untuk mendukung suasana berbagai tipe tanaman. Selain itu, tanaman Arachis pintoi sangat bermanfaat untuk mencegah erosi dan menambah kesuburan tanah pada taman yang berkontur.

Bromelia Sp.

Tanaman bromelia bisa dijadikan tanaman penutup tanah jika ditanam secara koloni atau bisa juga dipadupadankan dengan bebatuan alami dan Selaginella atau kucai mini. Bromelia dapat menghidupkan suasana mediterania pada suatu taman dan bisa juga dijadikan aksen pada berbagai jenis gaya taman.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Christia verpertilionis

Tanaman yang memiliki daun seperti kupu-kupu berwarna ungu sering dijadikan tanaman pot yang diletakkan di dalam ruangan. Bunganya tumbuh bergerombol di bagian ujung tandan. Ada pula jenis lain dari tanaman ini yang memiliki warna belang hijau cokelat pada helai daunnya.

 

Loading...
Loading...