Jenis-jenis Tanaman Mangga yang Wajib Anda Coba Tanam di Pekarangan Rumah

Pertanianku — Tahukah Anda bahwa mangga bukan buah asli Indonesia, melainkan dari India. Namun, buah ini memang cukup mudah ditemukan di Indonesia, bahkan sudah menjadi salah satu jenis buah favorit. Ada banyak jenis mangga yang bisa Anda jumpai. Berikut ini beberapa jenis tanaman mangga yang bisa ditanam di pekarangan.

jenis mangga
foto: Pertanianku

Mangga red ivory

Mangga red ivory berasal dari Taiwan. Keunggulan mangga red ivory adalah ukurannya yang jumbo dengan tampilan kulit buah berwarna merah, berbeda dengan jenis mangga pada umumnya. Tak hanya ukurannya yang besar, mangga ini memiliki rasa yang sangat manis dan harum.

Mangga red ivory dapat tumbuh dengan baik ketika cuaca sedang panas. Mangga jumbo ini tidak begitu sulit untuk ditanam, bahkan bisa djiadikan tabulampot yang cantik dan berbuah banyak. Tanaman yang berasal dari bibit okulasi sudah mulai berbuah saat berumur 1 tahun.

Mangga kiojay

Mangga kiojay berasal dari Thailand, bercita rasa manis dengan ukuran biji yang tipis sehingga daging buah terbilang cukup tebal. Sama seperti red ivory, mangga kiojay termasuk mangga berukuran jumbo, bahkan ada beberapa mangga kiojay berbobot 2,2 kilogram.

Mangga jumbo asal Thailand ini tidak begitu sulit dirawat. Teknik perawatannya hampir sama dengan jenis mangga lainnya.

Mangga alpukat

Mangga alpukat bukan merupakan persilangan antara mangga dan alpukat. Jenis mangga ini diberikan nama tersebut karena cara mengonsumsinya hampir sama seperti memakan avokad atau alpukat. Mangga alpukat cocok dibudidayakan di dataran rendah hingga menengah. Tanaman yang berasal dari bibit cangkok sudah mulai berbuah saat berumur 3 tahun setelah tanam.

Mangga chokanan

Mangga chokanan juga berasal dari Thailand, mangga ini sering disebut sebagai mangga madu karena rasanya semanis madu. Pohon mangga chokanan terbilang cukup tahan serangan hama penggerek batang sehingga banyak pehobi yang menanamnya sebagai tabulampot. Selain karena rasanya yang lezat dan tahan terhadap serangan hama, tampilan tanaman mangga chokanan terbilang cukup indah.

Baca Juga:  Cara Merawat Mangga Red Ivory agar Berbuah Lebat

Untuk mencoba bertanam mangga-mangga favorit ini, Anda bisa mendapatkan bibit mangga berkualitas di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam bibit mangga unggulan dan keperluan berkebun. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.


loading...