Jenis-jenis Tanaman Nilam yang Tumbuh di Indonesia

Pertanianku — Tanaman nilam yang tumbuh dan berkembang di Indonesia memiliki beberapa jenis. Namun, biasanya jenis tanaman nilam aceh lebih mudah ditemui dan dikenali karena sudah ditanam secara meluas di wilayah Indonesia.

jenis tanaman nilam
foto: pertanianku

Sebenarnya, masih ada beberapa jenis nilam yang tumbuh di Indonesia. Namun, karena beberapa faktor, akhirnya hanya nilam aceh yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Berikut ini jenis-jenis nilam yang ditanam di Indonesia.

Nilam aceh (Pogostermon cablin Benth atau Pogostemon patchouli)

Loading...

Jenis nilam ini merupakan standar jenis nilam yang diekspor dan direkomendasikan. Hal ini karena nilam aceh memiliki aroma yang khas dan rendeman minyak yang didapat dari daunnya cukup tinggi dibanding jenis lain, yaitu sekitar 2,5 hingga 5 persen.

Tanaman ini pertama kali dikenal dan ditanam dengan skala besar hampir di seluruh wilayah Aceh sehingga nilam ini terkenal dengan sebutan nilam aceh. Padahal, aslinya dari Filipina, kemudian tanaman ini dikembangkan juga ke berbagai negara seperti Brazil, Madagaskar, Malaysia, dan Indonesia. Saat ini nilam aceh sudah ditanam di seluruh wilayah Indonesia.

Nilam jawa (Pogostemon heyneatus Benth)

Nilam jawa juga disebut sebagai nilam hutan. Daun nilam ini berasa dari India dan saat masuk tumbuh di Indonesia, tanaman ini tumbuh secara liar di beberapa hutan wilayah Pulau Jawa. Kandungan minyak pada jenis nilam ini cukup sedikit jika dibandingkan dengan nilam aceh, hanya sekitar 0,5 hingga 1,5 persen. Daun dan batang nilam jawa tidak memiliki bulu-bulu halus dan bentuk ujung daunnya agak meruncing.

Nilam sabun (Pogostemon hortnesis Backer)

Dahulu, nilam jenis ini berfungsi untuk mencuci pakaian, khususnya kain batik. Kandungan minyak nilam sabun hampir sama dengan nilam jawa hanya sekitar 0,5 hingga 1,5 persen. Selain kandungan yang sedikit, minyak yang dihasilkan dari nilam sabun memiliki kualitas yang tidak baik sehingga tidak layak untuk dijadikan sebagai bahan baku industri.

Baca Juga:  Atasi Hama Tikus dengan Pestisida Nabati Ubi Gadung

Nilam jawa dan nilam sabun tidak direkomendasikan sebagai komoditas penghasil minyak nilam. Selain jumlah minyaknya sedikit, aroma yang dimiliki oleh kedua jenis nilam ini tidak sebaik nilam aceh, dan kualitas minyaknya tidak baik jika digunakan untuk industri.

 

Loading...
Loading...