JenisTanaman Rimpang Berkhasiat


Pertanianku — Rimpang adalah tanaman temu-temuan yang berasal dari famili Zingiberaceae yang umbi batangnya berada di bawah tanah. Ada begitu banyak jenis tanaman rimpang yang berkhasiat baik untuk kesehatan.

jenis tanaman rimpang
Foto: Google Image

Pemanfaatan tanaman rimpang-rimpangan banyak digunakan sebagai bumbu masakan, bahan baku jamu gendong, aromaterapi (minyak atsiri), rempah, aroma, pewangi, obat modern (bahan aktif senyawa kimia), serta obat tradisional. Bahkan, bisa digunakan dan dikembangkan sebagai makanan atau minuman fungsional.

Berikut ini beberapa jenis tanaman rimpang yang bisa Anda manfaatkan.

  1. Kunyit (Curcuma domestica Val)

Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang berwarna kuning asli dari wilayah Asia Tenggara. Selain sebagai bahan pewarna alami makanan, ternyata kunyit mengandung banyak khasiat. Khasiat kunyit antara lain untuk mengobati diare, hepatitis, diabetes mellitus, tifus, usus buntu, amandel, dan lain-lain.

  1. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe adalah salah satu tanaman rimpang yang berbentuk seperti jemari, menggelembung di tengah ruas-ruasnya. Rasa dominan pada jahe adalah pedas. Rasa pedas tersebut dihasilkan oleh sebuah senyawa keton yang disebut zingeron. Jahe memiliki banyak khasiat antara lain menurunkan kadar kolesterol, obat asma, obat batuk, mengobati rematik, dan lain-lain.

  1. Kencur (Kaempferia galanga Linn)

Kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang digunakan sebagai stimulan. Tanaman ini banyak tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang memiliki tanah gembur dan tidak mengandung banyak air. Banyak sekali khasiat kencur antara lain mengobati radang lambung, obat diare, melancarkan haid, dan lain-lain.

  1. Lengkuas/laos (Alpinia galanga)

Lengkuas/laos dapat tumbuh di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi. Ada dua varietas lengkuas, yaitu lengkuas merah dan putih. Lengkuas merah biasanya digunakan untuk obat-obatan, sedangkan yang putih digunakan untuk bumbu masakan. Khasiat lengkuas antara lain sebagai antibakteri, membersihkan darah, mengobati panu, dan lain-lain.

  1. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza ROXB)

Temulawak berasal dari Indonesia khususnya Pulau Jawa. Temu lawak dapat tumbuh dan berkembang pada tanah yang gembur dengan baik. Selain itu, temulawak juga memiliki banyak khasiat di antaranya sebagai obat demam, obat malaria, obat campak, obat rematik, mengatasi keputihan, ambeien, asam urat, kolesterol, dan maag.

  1. Bangle (Zingiber purpureum Roxb)

Bangle banyak tumbuh di daerah Asia tropika, yaitu dari India hingga Indonesia. Khasiat bangle antara lain untuk mengobati sakit kepala, sakit kuning, perut kembung, melangsingkan tubuh, dan lain-lain.

  1. Lempuyang (Zingiber sp.)

Lempuyang memiliki batang semu, berdaun lonjong, memiliki bunga yang tumbuh dari bagian tanah berbentuk bonggol, rimpangnya berserat dan memiliki rasa pedas serta bau yang khas. Khasiat lempuyang antara lain sebagai obat demam, menambah nafsu makan, rematik, sakit perut, dan lain-lain.

Baca Juga:  Ini Dia Jenis Kacang yang Ampuh Atasi Hipertensi