Jenis-jenis Terung yang Beredar di Pasaran

Pertanianku — Terung merupakan sayuran buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai macam menu masakan. Umumnya, sayuran ini berwarna ungu dan berbentuk lonjong. Tanaman ini tumbuh subur di dataran rendah dan merupakan tanaman semusim yang mudah didapatkan karena banyaknya permintaan. Selain yang berwarna ungu, ada beberapa jenis terung yang beredar di pasaran.

jenis terung
foto: pixabay

Setiap jenis tanaman memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda-beda sehingga sangat mudah untuk diidentifikasi antara satu jenis dan jenis lainnya.

Sayuran ini bisa berfungsi sebagai kontrasepsi dan dapat mencegah penyakit diabetes serta meningkatkan gairah kerja. Jenis terung Solanum sanitwongsei memiliki rasa pahit, tetapi berkhasiat untuk dijadikan obat kencing manis. Namun, bagi penderita penyakit radang usus dan pembesaran kandungan tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi terung.

Loading...

Buah terung biasanya dimasak menjadi makanan berkuah seperti lodeh dan opor. Namun, ada juga jenis terung yang digunakan sebagai lalapan seperti terung gelatik dan terung bogor. Berikut ini jenis-jenis terung yang bisa Anda jumpai.

Terung kopek

Terung ini berwarna ungu dan berbentuk lonjong. Terung kopek paling mudah dijumpai dan menjadi jenis terung yang menjadi ciri khas dari terung. Bagian ujung terung kopek tumpul. Ada buahnya yang berwarna ungu dan hijau keputih-putihan. Varietas terung kopek terdiri atas imperia, dusky, dan florida market.

Terung bogor atau terung kelapa

Terung ini berbentuk bulat besar dengan warna buah putih dan hijau keputih-putihan. Rasanya renyah dan agak getir. Jenis terung ini lebih sering digunakan sebagai lalapan di wilayah Sunda.

Terung craigi

Buahnya berbentuk bulat panjang dengan bagian ujung yang runcing, ada yang lurus ada juga yang bengkok. Terung craigi berwarna ungu seperti terung kopek. Varietas terung craigi adalah melionaire, black shine, dan kurunme.

Baca Juga:  Tips Membuat Taman Sayur di Pekarangan

Terung gelatik atau terung lalap

Buah terung yang biasa dilalap ini berbentuk bulat besar. Terung gelatik terlihat mirip seperti terung bogor, tetapi ukurannya lebih kecil. Warnanya ungu atau putih keungu-unguan. Rasa terung ini renyah, tetapi tidak getir. Varietas terung gelatik adalah black beauty dan black bell.

Loading...
Loading...