Jenis-jenis Tomat yang Sering Dijumpai di Pasar

Pertanianku — Penamaan jenis tomat yang sering dilakukan oleh pedagang dan pembeli dilakukan berdasarkan bentuk buah. Namun, sebenarnya nama asli dari buah tersebut bukanlah seperti apa yang sering Anda kenal. Berikut ini beberapa jenis tomat yang lazim dikenali oleh para penjual ataupun pembeli.

jenis tomat
foto: unsplash

Tomat biasa

Jenis tomat biasa sering disebut sebagai tomat buah karena bisa dimakan langsung. Rasanya asam segar dan sering dijadikan campuran jus buah untuk menambah rasa asam yang menyegarkan pada jus buah tersebut. Buahnya berbentuk bulat pipih dan memiliki alur-alur yang jelas di dekat tangkainya serta lebih lunak. Tomat ini lebih cocok ditanam di dataran rendah.

Loading...

Tomat ceri

Tomat ini dikatakan tomat ceri karena buahnya berukuran kecil-kecil sebesar kelereng. Buahnya yang sudah matang akan berwarna merah dan rasanya cukup manis. Saat ini, banyak orang menanam tomat ceri menggunakan sistem hidroponik.

Tomat ceri lebih sering digunakan dalam campuran masakan atau menjadi penghias makanan atau garnish. Para ahli botani memperkirakan varietas tomat ceri merupakan nenek moyang varietas tomat yang ada saat ini.

Tomat apel

Buahnya berbentuk apel yang bulat, kokoh, dan agak keras seperti apel atau pir. Tomat apel sangat cocok ditanam di dataran tinggi. Tomat ini merupakan jenis tomat yang paling sering beredar di pasaran. Ukuran tomat apel pun terbilang lebih besar dibandingkan tomat lainnya.

Tomat kentang

Ukuran tomat kentang terbilang cukup besar dengan bentuknya yang bulat dan agak padat. Isi tomat kentang termasuk cukup padat. Bentuk tomat kentang mirip dengan tomat apel, tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Daun tomat kentang berukuran lebar. Tomat ini sangat cocok ditanam di dataran tinggi.

Baca Juga:  Cara Menanam Tabulampot Jambu Air Khiojok

Tomat keriting

Tomat ini disebut keriting karena daunnya yang mengeriting akibat terserang virus. Tomat keriting juga sering disebut sebagai tomat gondola atau tipe roma.

Tomat pear

Buah tomat ini berwarna kuning. Oleh karena itu, diberi nama tomat pear kuning. Selain itu, bentuk buahnya menyerupai buah pir. Karena bentuknya yang unik, tanaman ini lebih sering digunakan sebagai tanaman hias dan sering digunakan sebagai campuran salad.

 

Loading...
Loading...