Jenis-jenis Udang Hias yang Cantik

Pertanianku — Tidak hanya ikan, ada juga jenis udang yang sering dipelihara sebagai udang hias karena memiliki penampilan yang unik dan indah. Udang hias memiliki jenis yang cukup banyak dan Anda bisa memilih jenis udang hias sesuai dengan selera serta kebutuhan. Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis udang hias nan cantik yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

jenis udang hias
foto: Pixabay

Mandarin Shrimp

Mandarin shrimp memiliki daya tarik pada tubuhnya yang berwarna oranye. Jenis udang ini diselubungi kulit transparan berwarna kuning dan berbintik-bintik merah. Perpaduan tersebut membuat sosok udang terlihat seperti bercahaya ketika berada di tempat gelap. Udang ini juga dapat berfungsi membersihkan akuarium seperti ikan sapu-sapu karena memakan alga serta kotoran.

Mandarin shrimp terbilang sangat mudah dipelihara, sekalipun bagi Anda yang masih pemula.

Red Bee

Udang red bee berasal dari Jepang, jenis udang ini lebih mengingatkan Anda pada ikan nemo yang berada di laut karena tubuhnya bercorak putih dan merah. Pola corak tubuhnya membentuk garis merah yang terang dan putih. Red bee dapat bertahan pada suhu air di bawah 26°C dengan tingkat keasaman sekitar 6—7.

Red Cherry Shrimp

Udang hias ini berwarna merah sangat pekat dan telah menjadi salah satu jenis udang hias yang digemari oleh pehobi aquascape. Warna merah pada tubuh red cherry sangat mirip dengan buah ceri dan dapat terlihat jelas di tengah kegelapan. Jenis udang ini mampu bertahan pada suhu air yang berkisar 18—25,5°C.

Warna tubuh red cherry jantan lebih cerah dibanding betina dengan ukuran tubuh yang terbilang lebih kecil. Warnanya yang cerah ini sangat cocok untuk menghidupkan aquascape dengan setting gelap dan tanaman hijau.

Baca Juga:  Kenal Lebih dekat Penyu Belimbing, Penyu Besar yang Terancam Punah

Green Neon

Green neon merupakan jenis udang berwarna hijau mencolok. Green neon sangat cocok dipelihara dalam aquascape berlatar hitam. Udang ini dapat terlihat menyala ketika malam hari sehingga nuansa aquascape terlihat indah meski sedang gelap.

Blue Pearl

Udang blue pearl memiliki warna yang cantik dan mencolok, yakni biru mutiara. Blue pearl tidak hanya memiliki penampilan yang menarik, tetapi juga bermanfaat sebagai pembersih karena jenis udang ini memakan alga yang menempel pada tanaman, batu, dan akuarium. Sifatnya juga tidak begitu agresif sehingga aman disatukan dengan biota air yang lain.