Jenis Jeruk Asam yang Tak Kalah Populer dari Jeruk Manis

Pertanianku — Jeruk memiliki keunikan rasa manis dan asam yang membuatnya terasa segar. Beberapa jeruk memiliki rasa manis yang lebih dominan. Sementara, ada jenis jeruk asam yang justru dominan memiliki rasa kecut. Berikut ini beberapa jenis jeruk asam yang populer.

Jeruk lemon

jenis jeruk asam
Foto: freepik

Banyak digunakan untuk keperluan kuliner, jeruk yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak dicari di seluruh dunia. Lemon juga dipercaya memiliki khasiat pengobatan, pembersih, dan sebagainya.

Loading...

Jeruk lemon memiliki ciri bentuk buah yang oval dan bagian ujungnya runcing. Kulitnya berwarna kuning cerah ketika sudah matang. Kandungan air dalam jeruk ini cukup tinggi sehingga kerap juga dijadikan lemon juice. Daging buah bagian dalam jeruk lemon cenderung tipis dan memiliki aroma yang khas.

Jeruk purut

jenis jeruk asam
Foto: Instagram khazmahkamarom

Kulit yang keriput menjadi ciri utama dari jeruk purut. Selain itu, jeruk ini memiliki kulit berwarna hijau gelap. Dibandingkan lemon, ukurannya jauh lebih kecil. Daging buahnya tipis dan rasanya sangat asam. Di bagian dalamnya, jeruk purut juga memiliki banyak biji.

Jeruk purut digunakan sebagai bumbu dalam masakan dan sambal. Tak hanya daging buahnya, daun jeruk purut juga digunakan sebagai bumbu masakan.

Jeruk nipis

jenis jeruk asam
Foto: instagram jeruk_nipis_pekanbaru

Berwarna kuning, hijau kekuningan, hingga hijau menjadi salah satu ciri jeruk nipis. Bentuknya pun tidak bulat, melainkan lonjong. Di bagian ujung buah jeruk nipis bentuknya sedikit meruncing. Kulitnya tebal dan sulit dikupas dengan tangan.

Biasanya, jeruk ini digunakan mulai dari penyedap masakan, membantu meredakan batuk, hingga pembersih. Rasanya asam dan daging buahnya tebal, tapi tidak berserabut. Di dalamnya, terdapat biji berbentuk oval.

Jeruk limau

jenis jeruk asam
Foto: freepik

Tidak dikonsumsi secara langsung, jeruk limau biasanya digunakan untuk membuat campuran sambal. Selain itu, jeruk ini juga digunakan untuk memberi aroma pada masakan lain. Nama ilmiah dari jeruk yang satu ini adalah Citrus amblycarpa.

Ciri jeruk yang satu ini adalah ukurannya yang kecil. Dibandingkan jeruk purut, warna kulit jeruk limau hijau lebih muda dibanding jeruk purut, tapi permukaan kulitnya lebih halus. Jeruk ini juga memiliki banyak biji.

Baca Juga:  Kenali Prospek Budidaya Melon
Loading...
Loading...