Jenis Jeruk Manis yang Populer di Dunia

Pertanianku — Menjadi salah satu buah paling populer, beragam jenis jeruk manis beredar hingga penjuru dunia. Rasa jeruk yang manis dan sedikit asam memberikan sensasi tersendiri. Selain itu, buah ini juga indah jika digunakan sebagai buah tangan. Berikut ini ragam jeruk yang biasa dicari konsumen di pasaran.

jenis jeruk manis
Foto: freepik

Jeruk mandarin

Pasti Anda sudah tidak asing dengan jeruk yang satu ini, bukan? Tanaman jeruk mandarin bisa tumbuh di iklim tropis ataupun subtropis. Jeruk mandarin berasal dari Cina dan persebarannya sudah merambah ke seluruh dunia.

Loading...

Rasanya yang manis dan ukurannya yang kecil membuat jeruk ini mudah dibawa ke mana-mana. Kelebihan lain dari jeruk mandarin adalah selain dimanfaatkan daging buahnya, jeruk mandarin juga dimanfaatkan kulitnya untuk mengobati masalah kesehatan.

Pamelo

Jeruk pamelo bisa mencapai berat 1—2 kilogram per buahnya. Warnanya putih kemerahan dan memiliki rasa manis dan asam. Jeruk ini hanya muncul di musim panen. Kulitnya cukup tebal dan sulit dikupas. Ada dua jenis pamelo, yakni pamelo merah dan pamelo putih.

Tangerine

Merupakan jeruk hibrida, tangerine didapatkan dari persilangan jeruk mandarin yang berbeda. Nama jeruk tangerine diambil dari tempat pembudidayaannya di Tangier, Maroko. Dibandingkan jeruk lainnya, tangerine memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasa yang lebih manis.

Limau gedang

Persilangan antara jeruk manis dan pamelo menghasilkan buah yang satu ini. Rasanya asam hingga manis serta ditemukan sedikit rasa pahit. Nama limau gedang diberikan karena jeruk yang satu ini tumbuh dalam satu tandan, mirip dengan tanaman pisang. Ciri lain jeruk limau gedang adalah warna daging buahnya yang bervariasi mulai dari merah, putih krem, hingga merah muda.

Baca Juga:  3 Kultivar Melon Unggul dan Varietasnya

Tangelo

Keunikan jeruk yang satu ini adalah tonjolan pada bagian atasnya. Jeruk tangelo merupakan persilangan dari varietas jeruk reticulata. Kata ‘tangelo’ merupakan gabungan dari kata ‘tangerine’ dan ‘pamelo’. Dua jenis ini dianggap mewakili karakteristik jeruk tangelo. Jeruk tangelo memiliki rasa manis yang tajam serta sedikit rasa pahit.

 

Loading...
Loading...