Jenis Kambing Etawa yang Ada di Indonesa

Pertanianku — Kambing etawa merupakan kambing perah yang paling terkenal di Indonesia karena hasil produksi susu yang cukup melimpah. Ternyata, ada 3 jenis kambing etawa di Indonesia yang bisa Anda jumpai dan diternak. Ketiga jenis kambing etawa tersebut dibedakan berdasarkan kualitas kelas dan istilahnya. Berikut ini ulasan mengenai 3 jenis kambing etawa tersebut.

jenis kambing etawa
foto: pertanianku

Kambing etawa super

Kambing etawa super adalah jenis kambing yang sering diikutkan kontes karena memiliki fisik yang jauh lebih bagus di atas kambing jenis lainnya. Karena punya keunggulan di bidang kontes, kambing ini memiliki harga jual yang cukup tinggi dan masyarakat pun ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli kambing etawa super ini.

Loading...

Kontes pertandingan kambing etawa super menjadi ajang pemasaran bagi para peternak untuk menarik minat pembeli. Tak heran, kontes perlombaan selalu dipadati oleh pengunjung. Peternak yang memenangkan kontes perlombaan biasanya dapat membawa pulang hasil penjualan yang fantastis.

Kambing etawa kaligesing

Kambing etawa kaligesing merupakan kambing yang dihasilkan dari persilangan antara kambing etawa asal India dengan kambing lokal. Kambing ini pertama kali dikembangkan di daerah Purworejo, Kecamatan Kaligesing. Perbedaan antara kambing etawa asli dan kambing etawa yang sudah dikawinsilangkan adalah warna bulunya yang beragam. Kambing ini memiliki warna bulu mulai dari cokelat, hitam, bercak-bercak, hingga belang.

Ciri utama dari kambing etawa kaligesing adalah telinga yang melipat ke depan dan warna kepala hitam seperti ninja. Warna bulu kambing ini disukai oleh masyarakat karena memiliki perpaduan warna putih di bagian badan dan hitam di bagian kepala.

Kambing etawa senduro

Kambing ini berasal dari lereng gunung berapi Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Nama senduro disematkan pada kambing ini karena kejadian bencana gunung berapi yang melanda Lumajang. Saat ini kambing ini sudah dikembangbiakkan di mana-mana.

Baca Juga:  Penyebab Kegagalan Peternakan Kambing yang Sering Terjadi

Biasanya, kambing etawa senduro dikembangbiakan untuk diambil susunya. Warna tubuh kambing ini dominan putih bersih dan bergelambir pada bagian leher. Telinga kambing bisa mencapai 50 cm, postur badannya besar, dan tingginya bisa mencapai 1 meter.

 

 

Loading...
Loading...