Jenis Kandang yang Cocok untuk Itik di Periode Starter

Pertanianku — Periode starter itik berlangsung dari itik berumur 1 hari (Day Old Duck atau DOD) hingga berumur 4 minggu. Kandang untuk itik starter sebaiknya dibuat lebih tertutup. Kandang itik periode starter di daerah dingin seperti dataran tinggi sebaiknya dilengkapi dengan pemanas untuk menjaga suhu tubuh itik, sedangkan di dataran rendah tidak diperlukan pemanas. Pasalnya, di periode starter, itik belum mampu menyesuaikan diri dengan perubahan suhu ekstrem.

kandang itik
foto: Trubus

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membangun kandang itik untuk periode starter.

Pemanas di dalam kandang

Di daerah dingin, kandang sebaiknya dilengkapi dengan pemanas seperti gasolec (pemanas dari gas/LPG), kompor minyak, lampu minyak, atau bola lampu.

Dinding kandang

Dinding kandang sebaiknya dibuat rapat dan tidak berlubang. Hal ini bertujuan menghindari embusan angin langsung masuk ke kandang. Angin tersebut dapat menyebabkan itik yang masih rentan mengalami kedinginan.

Ventilasi kandang

Ventilasi kandang yang berada di bagian atas kandang sebaiknya dilengkapi dengan tirai penutup. Tirai ini berfungsi mengatur suhu di dalam kandang sehingga saat suhu sedang dingin atau terlalu panas, tirai bisa ditutup atau dibuka.

Sekat kandang

Sebaiknya, berikan sekat di dalam kandang sehingga tercipta beberapa petak kecil. Sekat ini dapat memudahkan Anda merawat itik seperti saat pemberian pakan dan minum hingga mengatur kondisi suhu di dalam kandang.

Petak kecil di dalam kandang dibagi menjadi dua bagian dengan penyekat, yaitu bagian untuk tempat makan dan minum serta tempat istrihat. Itik yang sudah selesai makan dan minum dapat digiring masuk ke tempat beristirahat yang kering dan suhunya lebih terjaga.

Tempat pakan dan minum

Anda harus memperhatikan jumlah tempat pakan dan minum yang digunakan. Jangan sampai jumlahnya kurang karena dapat menyebabkan pertumbuhan DOD tidak rata sehingga tingkat kematian itik meningkat. Jumlah tempat pakan dan minum juga harus mengikuti perkembangan umur itik.

Baca Juga:  Habitat yang Disukai Cacing Sutera

Lantai kandang

Lantai kandang periode starter perlu ditaburi dengan sekam atau serbuk gergaji agar tidak basah atau becek sehingga anak itik merasa nyaman berada di dalam kandang.