Jenis Kelengkeng Super yang Potensial Untuk Dibudidayakan


Pertanianku — Buah kelengkeng terkenal dengan rasa daging buahnya yang manis. Karena itu, siapa yang tidak suka makan buah kelengkeng? Buah ini juga sangat laku di pasaran sehingga prospek bisnisnya cukup bagus. Jika Anda berminat untuk menanamnya sendiri, pilihlah jenis kelengkeng super agar hasil produksi buahnya melimpah.

jenis kelengkeng super
Foto: Pixabay

Saat ini, ada beberapa jenis kelengkeng super yang dibudidayakan di Indonesia. Tanaman buah unggulan yang berasal dari daratan Asia Tenggara ini memang tidak kalah populernya dengan buah mangga.

Lantas, apa saja jenis kelengkeng super yang potensial untuk dibudidayakan? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Kelengkeng itoh

Kelengkeng jenis ini menjadi salah satu kelengkeng super yang pantas Anda budidayakan. Kelengkeng itoh mempunyai kelebihan pada daging buahnya yang tebal, teksturnya lembut, sedikit kering, berbiji kecil, dan rasanya manis. Pohon kelengkeng ini mulai berbuah setelah berumur 3,5 tahun sejak masa tanam.

  1. Kelengkeng pingpong

Kelengkeng pingpong sangat terkenal lantaran buahnya berukuran besar, nyaris seukuran bola pingpong. Daging buahnya tipis, tidak berair, namun bijinya besar. Kelengkeng ini memiliki aroma wangi yang khas dan rasa yang sangat manis. Pohon kelengkeng pingpong sudah mulai berbuah saat berumur 1 tahun setelah tanam jika menggunakan bibit hasil sambungan.

  1. Kelengkeng diamond river

Kelengkeng jenis ini dikenal dengan pohonnya yang cepat berbuah, daging buah yang sangat manis. Selain itu, daging buahnya mengandung air dan beraroma khas. Pohonnya bercabang banyak dan berdaun rimbun sehingga cocok sekali sebagai tanaman peneduh. Kelengkeng diamond river mampu memproduksi buah 5—10 kilogram dalam setahun.

  1. Kelengkeng puan ray

Kelengkeng puan ray mempunyai kelebihan pada rasa buahnya yang manis, daging buahnya relatif kering dan bijinya kecil. Kelengkeng asal Thailand ini adalah paduan kelengkeng pingpong dan diamond river. Keistimewaan lainnya, yaitu sifatnya genjah sehingga bisa menghasilkan buah pada usia satu tahun. Frekuensi berbuahnya tinggi walau tanpa perlakuan istimewa.

  1. Kelengkeng new kristal
Baca Juga:  Khasiat Jambu Biji Mampu Meningkatkan Trombosit

Kelengkeng yang satu ini populer dengan dompolan buahnya yang banyak, dimana dalam satu dompolan saja bisa memiliki bobot 3—4 kilogram. Daging buahnya kenyal, agak kering, sedikit tebal dan terasa super manis (kadar gulanya mencapai 23 briks), terlihat bening dan transparan. Kelengkeng jenis ini mulai berbuah setelah berumur tiga tahun sejak masa tanam.

Kelengkeng new kristal adalah penyempurnaan dari kelengkeng varietas itoh. Kelengkeng ini termasuk kelengkeng modern karena dalam satu tanaman telah ada bunga jantan dan bunga betinanya sehingga dengan menanam satu tanaman saja dapat dipastikan bisa menghasilkan buah.

loading...
loading...