Jenis Kemasan untuk Ikan Asap

Pertanianku – Banyak kemasan yang dapat dipakai untuk mengemas ikan asap di antaranya plastik, alumunium foil, atau karton. Apabila produk berjumlah banyak, untuk kemasan eceran digunakan plastik atau aluminium foil dan karton sebagai pengemas luarnya. Namun, kemasan plastik merupakan bahan yang paling banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan yang lain, yaitu cukup fleksibel, transparan, tidak mudah pecah, dan harganya murah. Disamping itu, plastik merupakan bahan yang dapat didaur ulang.

Jenis Kemasan untuk Ikan Asap

Plastik yang banyak digunakan untuk kemasan produk pangan adalah jenis polyethilene (PE). Bahan kemasan ini bersifat transparan, praktis, harganya murah, dan mudah ditemukan di pasaran. Jenis kemasan ini dibedakan menjadi dua, yaitu High Density Poliethylene (HDPE) dan Low Density Poliethylene (LDPE). HDPE merupakan kemasan yang cukup dapat melindungi produk karena cukup tebal, tetapi agak kaku. Sementara itu, LDPE lebih fleksibel dan mempunyai permeabilitas yang agak tinggi. Jenis plastik lainnya adalah polipropylene (PP) yang memiliki sifat lebih transparan dan lebih kaku. Jenis plastik ini banyak digunakan untuk bentuk kemasan yang sudah tertentu. Dalam menentukan jenis kemasan plastik, yang perlu dipertimbangkan adalah ketebalannya karena akan berpengaruh langsung terhadap keawetan produk karena sangat mempengaruhi permeabilitasnya.

Loading...

Jenis kemasan alumunium foil merupakan kemasan yang tidak transparan, tetapi cukup fleksibel dan dapat digunakan sebagai bahan pelapis. Bahan ini cukup dapat melindungi produk karena kuat dengan permeabilitas sangat kecil. Di samping itu, aluminium foil bersifat rigid dan mudah dibentuk. Alumunium foil sering digunakan sebagai lapisan dalam dari wadah untuk melindungi produk dari kerusakan, seperti melapisi bagian dalam kotak jus. Di pasaran, almunium foil dapat dijumpai dalam berbagai bentuk seperti kantong dan standing pouch. Namun, jenis kemasan ini kurang cocok untuk mengemas ikan asap karena bentuknya yang tidak menentu dan ukurannya pun bervariasi.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengolah Kulit Manggis

 

Sumber: Buku Asap Cair

Loading...
Loading...