Jenis Kerang Penghasil Mutiara

Pertanianku — Mutiara merupakan hasil proses biologis dari kerang yang memiliki bentuk yang indah. Mutiara kerap digunakan sebagai perhiasan yang menawan. Selama ini kerang yang dikenal sebagai penghasil mutiara adalah tiram. Ada lima jenis kerang laut yang dikenal sebagai penghasil mutiara. Berikut ini ulasan lebih detail mengenai kerang penghasil mutiara yang bisa Anda temui.

kerang penghasil mutiara
foto: Pixabay

Pinctada maxima

Pinctada maxima, tiram mutiara yang termasuk jenis kerang yang tidak memiliki kepala. Mutiara yang dihasilkan oleh kerang ini sering diburu untuk perhiasan sehingga P. maxima termasuk komoditas bernilai ekonomi tinggi. Kerang ini kerap disebut kerang mutiara bibir silver emas, sedangkan mutiaranya disebut mutiara laut selatan atau mutiara Indonesia. P. maxima termasuk spesies kerang mutiara terbesar.

Pinctada margaritifera

Tiram mutiara P. margaritifera tersebar luas di perairan Indonesia dan merupakan salah satu spesies penting dalam industri mutiara. Kerang ini merupakan primadona di negara-negara Pasifik Selatan karena mampu menghasilkan mutiara berwarna krem hingga hitam. Di Indonesia, kerang tiram ini bisa ditemukan di Sumbawa, Bali Utara, Belitung, Selat Sunda, dan Sulawesi Selatan.

Pinctada fucata

  1. fucata atau tiram mutiara akoya adalah mutiara pertama yang diproduksi oleh bangsa Jepang. Warna mutiara yang dihasilkan oleh jenis kerang ini lebih luas atau bervariasi. Ukuran mutiaranya relatif kecil, tetapi penampakannya sangat mengilap.

Mutiara akoya memiliki dua kutub yang dihubungkan oleh kedua engsel lurus yang cukup panjang. Cangkang kerang ini terbilang panjang dan sedikit lebar. Saat ini mutiara akoya banyak dibudidayakan di Jepang.

Pteria penguin

Kerang ini dikenal dengan nama tiram sayap penguin. Nama kerang ini diambil dari tanaman yang berada di Indo Pasifik Barat dan Tengah. Kerang ini ditemukan di pantai Afrika Timur dan Laut Merah menuju ke India, Cina Selatan, Filipina, Australia, Jepang Selatan, dan Indonesia.

Baca Juga:  Budidaya Kodok, Hewan Amfibi Bernilai Ekonomi

Hyriopsis cumingii

Kerang mutiara air termasuk hewan invertebrata. Kerang ini hidup menempel pada substrat dan memakan berbagai jenis plankton. Kerang mutiara air ini banyak dibudidayakan di Cina, bahkan volume produksinya bisa bisa mencapai 95 persen dari volume mutiara di dunia. Harga mutiara kerang ini terbilang murah. Anda bisa menjumpai mutiara yang dihasilkan oleh kerang air tawar ini di Lombok dan sentra Mutiara Indonesia.