Jenis Kucing Besar Supermahal dan Bisa Dipelihara di Indonesia

Pertanianku — Memelihara kucing masih menjadi hobi yang digemari oleh sebagian orang, bahkan tren tersebut semakin meningkat dari waktu ke waktu. Saat ini tidak hanya sebatas kucing ras yang sering dilirik oleh pencinta kucing. Kini, kucing besar juga menjadi primadona pencinta kucing meskipun harganya sangat mahal hingga ratusan juta rupiah. Jenis kucing besar terbilang mahal karena harus diimpor.

jenis kucing besar
foto: pixabay

Salah satu daya tarik jenis kucing besar adalah karakteristik yang berbeda dengan kucing ras. Kucing ini sangat aktif, sesuai dengan namanya, yaitu wild cat. Makanannya pun sangat berbeda. Biasanya kucing besar diberikan pakan daging mentah. Berikut ini beberapa jenis kucing besar yang bisa dipelihara di Indonesia.

Caracal

Loading...

Kucing caracal tersebar hampir di seluruh Benua Asia dan Afrika. Kucing ini identik dengan bentuk kupingnya yang menyerupai antena dan berwarna hitam, berbeda dengan warna tubuhnya yang berwarna cokelat. Kucing ini sedang menjadi primadona bagi pencinta kucing di Indonesia. Kucing caracal memiliki umur yang panjang, di alam liar kucing caracal bisa bertahan hingga 12 tahun. Sementara itu, di penangkaran bisa sampai 17—19 tahun lamanya.

Kucing caracal merupakan kucing pemburu aktif yang mampu mengintai mangsanya dari radius 5 meter, dapat berlari kencang, dan bisa menerkam mangsanya, terutama unggas berukuran kecil. Banyak orang Indonesia yang tertarik untuk membelinya meskipun harus menggelontorkan uang yang sangat besar.

Serval

Kucing kucing besar lainnya yang menjadi primadona para pencinta kucing adalah serval. Bentuk tubuhnya agak berbeda dengan caracal. Serval memiliki bintik hitam di sekujur tubuhnya, harganya sama mahalnya dengan caracal karena harus diimpor. Kucing ini terkenal dengan kaki yang jenjang dan bisa tumbuh besar. Jika berdiri dengan kedua kaki, tinggi kucing ini bisa hampir menyamai manusia.

Serval yang masih kecil memang sangat lucu, tetapi ketika sudah besar kucing ini agak sulit dipelihara. Tubuhnya akan memanjang, ramping, dan tinggi. Karakteristiknya aktif dan suka menyerang.

Dari tampilan fisiknya kucing ini mirip seperti macan tutul atau leopard. Harus diakui hewan liar ini memiliki nilai eksotik yang sangat tinggi. Tak heran, banyak yang menyukainya.

Savannah

Savannah jenis kucing besar yang aktif dan suka bermain. Kucing ini juga memiliki harga jual yang sangat mahal. Savannah merupakan jenis kucing hybrid yang paling populer karena sudah lama ditemukan di Amerika sejak 1986. Kucing savannah merupakan hasil persilangan antara serval Afrika dan kucing domestik.

Loading...
Loading...