Jenis Kurma yang Sering Dijumpai

Pertanianku — Saat memasuki Ramadan, buah kurma menjadi buah yang paling diburu sebagai makanan untuk berbuka puasa. Hal tersebut dikarenakan adanya anjuran untuk berbuka dengan buah kurma. Di balik bentuknya yang mungil, kurma memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Di pasaran ada banyak jenis kurma yang bisa menyesuaikan dengan selera Anda.

jenis kurma
foto: pertanianku

Secara umum, kurma mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh, hal tersebut menyebabkan kurma dapat menyuplai energi lebih cepat dibanding karbohidrat yang didapat dari nasi. Selain itu, kurma juga kaya akan vitamin A, niasun, B6, riboflavin, tiamin, dan asam pantotenat, serta beberapa kandungan mineral, zat besi, asam folat, dan mineral makro. Kandungan tersebut sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpusa.

Di pasaran terdapat banyak jenis yang bisa Anda temui. Ternyata, tiap jenis kurma tersebut memiliki cita rasa dan kandungan yang berbeda-beda. Simak ulasan beberapa jenis kurma di bawah ini.

Loading...

Kurma medjol

Kurma medjol merupakan kurma yang sedang disukai oleh masyarakat Indonesia. Kurma ini tumbuh subur di Timur Tengah, Afrika, dan California. Buahnya terbilang lebih besar dibanding jenis kurma yang lain. Karena ukuran yang lebih besar, daging buah ini jauh lebih banyak karena besar bijinya sama dengan jenis kurma pada umumnya.

Rasanya cukup manis dengan dagingnya yang tebal membuat satu kurma medjol seperti mengonsumsi tiga buah kurma biasa. Ternyata, kurma medjol sering digunakan sebagai buah diet bagi mereka yang sedang diet gula dan pengidap diabetes.

Kurma deglet nour

Kurma yang memiliki tekstur daging semi-lunak ini berasal dari Tunisia. Jenis kurma ini sering disebut sebagai ‘Royal Dates’ atau ‘Ratu dari Segala Kurma’. Rasanya manis dengan tekstur kulit yang halus dan dagingnya yang lembut.

Baca Juga:  Pupuk yang Dibutuhkan Jambu Air Madu Deli untuk Menghasilkan Buah yang Lebat

Kurma sukarri

Kurma selanjutnya yang sering dijumpai adalah kurma sukarri dengan rasanya yang sangat manis dan renyah. Kurma ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah kerusakan gigi, serta dapat menghilangkan rasa lelah.

Kurma ajwa

Kalau deglet nour merupakan ‘Ratu dari Segala Kurma’, kurma ajwa sering disebut sebagai ‘king of dates’ atau ‘raja kurma’. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan kering. Ternyata, kurma ajwa merupakan jenis kurma favorit Nabi Muhammad saw. Kurma ini dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

 

 

 

Loading...
Loading...