Jenis Lengkeng Unggul dengan Tampilan yang Unik

Pertanianku — Jenis lengkeng yang beredar di pasaran cukup banyak, tetapi di antaranya ada beberapa jenis lengkeng unggulan dengan tampilan yang unik. Anda bisa menanam jenis lengkeng unggul tersebut sebagai hobi atau bahkan dikembangkan menjadi skala bisnis. Berikut ini beberapa jenis lengkeng unggul yang perlu Anda ketahui.

lengkeng unggul
foto: Toko Trubus

Lengkeng matalada

Lengkeng matalada memiliki kulit berwarna putih dengan biji yang tidak besar. Oleh karena itu, jenis lengkeng ini diberi nama ‘matalada’ karena bijinya hampir seukuran biji lada. Hal menarik lainnya dari lengkeng matalada adalah kulit buah yang berwarna putih sehingga matalada sering dikira duku.

Jenis lengkeng ini terbilang sangat mudah ditanam dan dirawat, termasuk di pot. Matalada sangat cocok untuk masyarakat perkotaan di dataran rendah yang menyukai tanaman buah. Tajuk tanaman rimbun dan genjah karena sudah bisa berbuah saat tanaman berumur 2 tahun.

Lengkeng merah ruby longan

Lengkeng merah terbilang masih baru di Indonesia sehingga kemungkinan besar Anda masih jarang menemukannya. Saat ini harga bibit lengkeng merah sendiri masih cukup mahal, lebih mahal dibanding jenis lengkeng lainnya. Sesuai dengan namanya, kulit buah lengkeng ini berwarna merah dengan daun dan batang yang berwarna cokelat kemerahan.

Tidak hanya penampilannya yang menarik, cita rasa lengkeng merah juga manis, dagingnya bening berwarna putih, serta juicy. Tingkat kemanisan lengkeng merah mencapai 21—24 briks.

Lengkeng new kristal

Ukuran buah lengkeng new kristal terbilang besar, berdaging besar, bijinya kecil, dan daging buahnya terasa manis dengan kadar kemanisan yang mencapai 22 briks. New kristal terkenal genjah karena sudah bisa berbuah setelah tanaman berumur 34 bulan.

Anda bisa menanam new kristal di pot karena bentuk tajuk tanaman bagus dan rindang. Selain itu, tingkat produktivitas lengkeng ini terbilang tinggi, jumlah buah yang dihasilkan lebih banyak jika dibandingkan dengan matalada.

Baca Juga:  Keistimewaan Si Merah Lengkeng Ruby Longan yang Eksotik

Hawae

Penampilan lengkeng hawae hampir menyerupai lengkeng matalada karena kulitnya sama-sama berwarna putih. Daging lengkeng hawae terasa manis, biji kecil, dan mengeluarkan aroma harum. Hawae terkenal sebagai jenis lengkeng yang rajin berbuah dan relatif tahan terhadap berbagai penyakit.

Keempat jenis lengkeng unggulan tadi bisa Anda dapatkan bibitnya di Toko Trubus. Toko Trubus menyediakan beragam bibit lengkeng varietas unggulan, seperti lengkeng matalada, lengkeng merah atau ruby longan, lengkeng hawae, dan lengkeng new kristal.

Toko Trubus juga menyediakan sarana produksi tanaman, seperti pot, alat siram, pupuk, pestisida, paranet, dan alat-alat pertanian lainnya. Informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi langsung melalui WhatsApp Admin Toko Trubus.